Pisau Mesin Rumput Dari Gergaji Bekas Terbukti Tajam Lebih Lama

0

Pati – Selama tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim Pati di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Serda Sukarji paling rajin melakukan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan warga masyarakat setempat.

Kali ini tampak dirinya sedang bersama Bapak Karsidi (48) warga Dukuh Kalimati, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang sedang memperbaiki mesin potong rumput pada bagian pisaunya, Kamis (15/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut Sukarji mengatakan, sebenarnya yang tengah dilakukan Bapak Karsidi bukan memperbaiki, namun memasang pisau mesin potong rumput miliknya yang baru saja dilakukan pengasahan. Ia pun terlihat serius memperhatikan cara memasangan pisau mesin rumput yang benar.

“Kali ini saya sedang bersama Bapak Karsidi yang kesehariannya sebagai kuli di sawah milik warga. Saat ia sedang memasang pisau mesin potong rumputnya sehabis diasah. Pasalnya yang dipotong saat bukan sekedar rumput, tetapi batang padi yang usai dipanen menggunakan mesin Combine,” ujar Sukarji.

Ia menambahkan, untuk bahan pisau sendiri Karsidi tidak memakai pisau bawaan aslinya, namun dirinya membuat sendiri dari bahan gergaji kayu yang sudah tidak dipakai. Karena bahan tersebut mengandung baja, sehingga tingkat ketajamannya bisa bertahan lama dan lebih kuat.

“Cara pemasangan pisau mesin potong rumput harus benar-benar teliti, sebab hal ini menyangkut keamanan pengguna. Jangan sampai saat digunakan pisau terlengkap dari tempatnya. Itu yang perlu diwaspadai dan diperhatikan,” tambahnya. (0718)

Comments

comments

About author