Pilot Pesawat Garuda Indonesia Mulai Ditugaskan Di Maskapai Citilink

0

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – PT Garuda Indonesia (Persero) akan memindahtugaskan pilot mereka ke anak perusahaan Citilink Indonesia. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan rencana pemindahan wajar dilakukan. Pasalnya, Citilink juga termasuk bagian dari grup Garuda Indonesia. “Pindah-pindah [pilot] itu biasa, kita kan satu grup,” kata Irfan kepada wartawan, Selasa (16/11).

Irfan juga menampik rencana pengalihan berkaitan dengan berbagai isu yang menerpa maskapai penerbangan pelat merah tersebut. Ia pun tidak mempermasalahkan jika ada pihak yang tidak menginginkan rencana tersebut direalisasikan. “Itu urusan internal mereka ya, kan masih diskusi, boleh-boleh saja beda pendapat,” ujarnya.

Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG) Donny Kusmanagri mengatakan rencana tersebut merupakan kerja sama operasi antar kedua maskapai. “Itu bukan pengalihan pilot, namun semacam kerja sama operasi,” kata Donny.

Ia menambahkan kerja sama tersebut tidak bersifat permanen, melainkan hanya sementara waktu. Donny berharap kerja sama ini tidak akan menimbulkan masalah antar pilot kedua maskapai. Sebab keduanya berasal dari induk yang sama.

Informasi soal rencana pemindahan pilot Garuda terungkap dalam Minute of Meeting (MoM) Asosiasi Pilot Citilink yang membahas optimalisasi crew Garuda ke Citilink. Mengutip dari Detik.com, MoM tersebut menjelaskan mekanisme perpindahan masih dalam tahap pembahasan. Namun, asosiasi meminta kejelasan terkait paket remunerasi pilot Garuda yang ditempatkan ke Citilink.

Selain itu, status pilot Citilink juga menjadi pembahasan dalam catatan rapat tersebut. Pilot Citilink dengan status Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT). Irfan menanggapi wajar permintaan karyawannya tersebut. “Oh ya itu pendapat yang wajar,” ujarnya. Di lain sisi, Donny mengatakan kontrak kerja tersebut merupakan urusan internal antara Asosiasi Pilot Citilink (APIC) dengan manajemen Citilink. (Skl)

Editor : Abdi

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.