Peternak Bebek Dapatkan Manfaat Dengan Adanya Pembangunan Insfratruktur TMMD

0

Pati – Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati telah selesai dilaksanakan TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati dimana daerah tersebut sangat berpotensi sekali dijadikan tempat untuk berternak bebek petelur. Karena di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, masih memiliki lahan yang sangat luas serta iklim yg sangat cocok dengan peternak bebek petelur, Jum’at (16/7/2021).

Kebanyakan warga Desa Tamansari dalam berternak bebek dengan cara memakai sistem peternakan bebek secara kering. Artinya bebek dipelihara di lahan kering. Jadi tidak ada blumbang atau bebek digiring ke sawah untuk cara memeliharanya. Pakan disiapkan dan diberikan setiap pagi dan sore. Untuk minum, disiapkan papan khusus, cara peternakan kering seperti ini sangat cocok untuk wilayah desa Tamansari Kecamatan Jaken.

Darso (55) merupakan salah satu peternak bebek petelur, ia selalu mengantarkan telur bebeknya kepada pembeli yang biasanya berprofesi sebagai pedagang martabak telor dan pembuat telur asin. Saat mengantarkan telur tersebut sebelumya ia memutar lebih jauh bila akan mengantar pesanan pembeli ke wilayah Kecamatan Batangan. Namun saat ini perjalanannya lebih cepat berkat dibangunnya jalan betonisasi dalam program TMMD.

“Saya mengantar telur bebek ini biasanya pembeli dari wilayah Kecamatan Batangan tetapi untuk bebek yang sudah afkir saya kirim ke Pati kota untuk dibeli pemilik warung makan. Alhamdulillah jalan betonisasi yang telah dibangun oleh bapak TNI memudahkan saya untuk mengantar pesanan telur atau juga belanja pakan bebek, apalagi kalau pesanan telur harus lekas sampai ke tujuan, saya tidak perlu memutar arah lagi,” ungkapnya.

Comments

comments

About author