Pesan Kakanwil pada Peringatan Maulid Nabi di Pariaman

PARIAMAN, EKSPRESNEWS.COM – Rasulullah menjadi tokoh pendidikan terbaik yang menjadi Uswatun Hasanah bagi pendidik. Memberi kabar bagus, memudahkan orang lain dalam berurusan, saling tolong menolong dan menjaga kekompakan merupakan pesan Rasulullah Nabi Muhammad Saw terkait pendidikan.

4 pesan Rasulullah tentang pendidikan ini disampaikan Kakanwil Helmi dihadapan guru PAI, KKGPAI dan AGPAII Kota Pariaman Tengah, Sabtu (30/10) pagi dalam agenda Tabligh Akbar Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H/2021 M.

Mengawali tausiyahnya, Helmi menyampaikan apresiasi tertinggi kepada guru PAI yang telah berkontribusi besar terhadap pendidikan agama.

Kegiatan yang bertemakan “Menebar Empati Memperkuat Silaturrahmi” ini dipusatkan di Masjid Raya Pauh Pariaman Tengah.

Helmi menuturkan, Rasulullah yang dilahirkan pada 12 Rabiulawal telah memberikan teladan dalam mengelola pendidikan. Ia merupakan pribadi penuh kasih sayang yang mampu merangkul semua kalangan.

Menurutnya, mencontoh akhlak dan jejak kepemimpinan Rasulullah SAW dalam pendidikan adalah sebuah keniscayaan.

Lebih lanjut, Doktoral UIN Imam Bonjol Padang ini meyakini spirit maulid Nabi Muhammad mengajak para pendidik untuk mengedepankan tauladan yang baik dalam proses pendidikan.

Ia menilai selain aset bangsa yang sangat berharga guru merupakan penentu nasib bangsa kedepan.

“Nasib bangsa kedepan ada ditangan ibu bapak guru,” katanya memotivasi.

Baginya guru merupakan pilihan orang-orang cerdas. Untuk itu ia mengajak para pendidik Agama Islam di sekolah untuk mengedepankan ketauladanan.

Ia menambahkan Rasulullah SAW menjadi tokoh pendidikan terbaik yang telah memberikan contoh teladan uswatun hasanah bagi semua pendidik. (Vera/Hms)