Perpustakaan Busur Dinilai Tim Provinsi

0

PADANG PANJANG – Perpustakaan Kelurahan Bukit Surungan (Busur), Kecamatan Padang Panjang Barat telah dinilai Tim Penilai Provinsi Sumatera Barat pada Senin (14/6) lalu. Kelurahan ini, mewakili Kota Padang Panjang untuk lomba kategori Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan.

Kepada Kominfo, Kamis (17/6), Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Dra. Hirda didampingi Lurah Busur, Fiori Agustian, SIP menyebutkan, penilaian dilakukan tim penilai yang diketuai Drs. Januarisdi, M.Lis beserta Duta Baca Sumbar, Mardhyan Novita MZ dan beberapa anggota tim penilai dari Perpustakaan Daerah Sumbar.

“Banyak kategori dan item yang dinilai tim. Di antaranya kelengkapan dari instrumen yang telah diisi sebelumnya, serta melihat bagaimana perpustakaan kelurahan bersinergi dengan masyarakat demi terwujudnya masyarakat yang literat dan sejahtera,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Hirda juga membawa tim mengunjungi dua Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang merupakan perpanjangan tangan Perpustakaan Busur yaitu TBM Makrame Kreative dan Kafe Literasi Gang Aster.

TBM Makrame merupakan salah satu penerima manfaat dari Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Publis) dengan spesifikasi mengolah tali-temali menjadi barang berguna yang hasilnya dijual untuk menambah pendapatan keluarga. Sedangkan Kafe Literasi Gang Aster menghasilkan produk berupa meja dan kursi unik yang terbuat dari ban bekas.

“Teknik pengolahan ban bekas menjadi barang berguna ini, didapat setelah membaca buku yang dipinjam dari Perpustakaan Kelurahan,” kata Wati, pengurus Kafe Literasi Gang Aster.

Hal senada juga disampaikan Ketua TBM Makrame Kreative, Asmidar. Sejak membaca buku keterampilan makrame, dia merasa tertantang untuk membuat berbagai macam kerajinan dari bahan baku tali.

Hirda berharap, semoga Perpustakaan Busur ini melaju dan mendapat peringkat di provinsi. “Dengan prestasi tersebut, agaknya bisa menjadi pemantik semangat perpustakaan kelurahan lain di Kota Padang Panjang untuk ikut berpartisipasi dalam lomba yang sama di tahun mendatang,” harapnya. (Rika)