Peringati Sumpah Pemuda, SDN 2 PPT Gelar Upacara dan Tari Massal

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Guna menanamkan semangat jiwa patriotisme dan nasionalisme, serta menghargai sejarah perjuangan, SDN 2 Padang Panjang Timur (PPT) menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di halaman sekolah tersebut, Sabtu (28/10).

Dalam rangkaian upacara ini peserta mengenakan baju adat dari berbagai daerah. Juga diisi dengan penampilan beberapa tari massal seperti Tari Pelajar Pancasila, Tari Tor-Tor dari Sumatera Utara dan Tari Indang dari Sumatera Barat.

Kepala SDN 2 PPT, Yessi Salvianora, S.Pd yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan, momentum Hari Sumpah Pemuda (HSP) adalah pengingat bagi kita dalam memajukan Indonesia di segala bidang.

“Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memajukan Indonesia. Di antaranya menjaga semangat nasionalisme, toleransi, cinta tanah air serta semangat untuk terus belajar dan berkarya. Tidak hanya bagi murid namun juga guru dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini muncul rasa persatuan dan kebanggaan sebagai pemuda Indonesia masa kini. Inilah makna dasar Sumpah Pemuda yang diusung pemuda kebanggaan bangsa pada 28 Oktober 1928.

“Hal ini sejalan dengan warisan semangat para pemuda di masa lalu, sebagai suatu momen untuk mengingkatkan kembali betapa besar peran pemuda dalam proses kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap, semoga upacara ini dapat memberikan satu dorongan semangat kepada para pemuda khususnya siswa SDN 2 untuk bisa ikut mengambil peran memajukan Indonesia. (Dian)