Perdana, TKN Pembina Gelar Pekan Budaya Minang

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Untuk pertama kalinya, Taman Kanak-Kanak Negeri (TKN) Pembina Kota Padang Panjang menggelar Pekan Budaya Minang di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

Kepala TKN Pembina, Rohima, S.Pd kepada Kominfo, Rabu (10/5) menyebutkan, sebagai bangsa yang memiliki beragam budaya, menjadi kewajiban untuk memperkenalkan budaya pada anak sedini mungkin. Dengan demikian akan tumbuh kecintaan, rasa memiliki, juga kesadaran kalau mereka merupakan bagian dari bangsa Indonesia.

“Mengenalkan kebudayaan pada anak banyak memberikan manfaat. Di antaranya, menumbuhkan kesadaran dalam diri anak untuk lebih mencintai bangsa dan negaranya. Memperkenalkan seni budaya pada anak usia dini akan mendorong anak untuk melestarikan budaya bangsa dikemudian hari,” kata Rohima.

Kegiatan ini, lanjutnya, akan berlangsung selama empat hari yang dimulai dengan pembukaan pada Selasa (9/5) kemarin dan berakhir pada Jumat (12/5). Rangkaian kegiatan di antaranya memainkan alat musik tradisional, menari, pantun pasambahan dan makan bajamba.

“Hari ini kita ada kegiatan belajar di alam (PDIKM) bersama orang tua dan guru. Serta tari massal yang melibatkan 141 anak. Besok ada pagelaran permainan anak nagari dan pawai budaya di kelurahan. Pada hari terakhir nanti digelar pasar tradisional (market day) di halaman sekolah,” sebutnya.

Rohima berharap, dengan adanya kegiatan ini anak dapat terbiasa dengan perbedaan dan mampu menghormati kebudayaan suku maupun bangsa lain yang berbeda dengannya, sehingga dapat membentuk karakter positif di dalam diri anak. “Kami ucapkan terimaksih kepada seluruh pihak yang terlibat dan mendukung penuh kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan sebagaimana mestinya,” tutur Rohima. (Dian)