Pendapatan Menurun Setelah TMMD Reguler Ke-11 Kodim 0718/Pati Ditutup

PATI – Pasca ditutup TMMD Reguler 111 Kodim 0718/Pati di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati pada 14 April 2021, Desa Tamansari tersebut tampak mulai sepi.

Hal ini mengingat sebelumnya, prajurit dari Kompi C Yonif 410/Alugoro yang tergabung dalam satgas TMMD 111 menetap di desa tersebut untuk membangun infrastruktur umum khususnya jalan sepanjang 1.400 meter. Betonisasi Jalan yang menghubungkan Desa Tamansari dengan Desa Sumberarum, yang juga akan digunakan banyak warga desa Tamansari dan sekitarnya untuk sarana mengolah lahan, pemasaran hasil bumi, peningkatan pendidikan dan kesehatan terdekat.

Otomatis penurunan omset kini dirasakan Ibu Wati setelah para prajurit kembali ke kesatuannya masing-masing. Warung yang dulunya menarik warga dengan hadirnya saudara baru mereka, Satgas TMMD serta menjadi tempat nongkrong, bercanda, nonton TV, mendadak sepi.

“Sehari-hari warung saya ramai buat ngopi sama Bapak TNI, sekarang mereka sudah tidak ada. Yah, kembali semula pembelinya warga sekitar. Saat ada TMMD, penghasilan kami meningkat dua kali lipat, jadi bagi kami kehadiran TNI di desa menjadi berkah dan menambah rezeki orang kecil seperti saya,” Ibu Wati.