Pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok turun 20 Persen

Editors choice
0

EkspresNews.com – Jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok mengalami penurunan hingga hampir 20 persen pada tahun ini dibandingkan 2015. Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Bay M Hasani di Jakarta, Sabtu, mengatakan, penurunan tersebut tercatat dari H-18 hingga H-4 Lebaran 2016, yaitu hanya 8.200 penumpang untuk kategori penumpang naik ke kapal. “Penurunannya 2.000 penumpang atau 19,6 persen, hampir 20 persen,” katanya.

Sementara itu, untuk penumpang turun dari kapal pada tercatat 10.900 orang, hampir sama  dengan tahun lalu 11.000 penumpang pada periode yang sama arus mudik Lebaran. Bay mengatakan, penurunan tersebut turut dipengaruhi oleh tidak adanya program mudik lewat kapal secara gratis yang diselenggarkan oleh Kementerian Perhubungan seperti tahun lalu.

“Mungkin karena itu, jadi sekarang ini tidak ada lagi program mudik gratis dengan kapal ke daerah Jawa Tengah, seperti Semarang dan Surabaya,” katanya.

Selain itu, kata dia, pilihan penumpang semakin beragam seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, terutama kelas menengah yang beralih dari moda laut ke moda udara atau kereta api. “Buat saya pribadi, penurunan penumpang dengan kapal ini pertanda kemakmuran, masyarakat mulai memiliki daya beli yang tinggi untuk beli tiket pesawat,” katanya.

Selama masa Angkutan Lebaran 2016, sebanyak sembilan kapal milik PT Pelni dan 10 kapal swasta dioperasikan di Tanjung Priok. Meski mengalami penurunan penumpang, Bay menegaskan, pihaknya tidak mengurangi kesiagaan dan kewaspadaan dalam operasi Lebaran tahun ini. “Kami tetap mengawasi jumlah kapal dan penumpang karena kita mau mudik ini selamat sampai tujuan dan zero accident,” katanya.

Sementara itu, data Angkutan Lebaran 2016 Kemenhub menunjukkan moda transportasi udara diprediksi mengalami kenaikan tertinggi dibandingkan seluruh moda, yakni mencapai 7,62 persen menjadi 4,6 juta penumpang pada Lebaran tahun ini dari 4,3 juta penumpang dari tahun lalu.

Untuk penumpang penyeberangan diprediksi naik 3,54 persen menjadi 3,7 juta penumpang pada Lebaran 2016. Penumpang kereta api juga diperkirakan naik 4,63 persen menjadi 4,1 juta penumpang.

Selanjutnya, penumpang moda transportasi laut juga mengalami kenaikan 2,9 persen menjadi 910.191 penumpang pada Lebaran tahun ini. Hanya jalur darat yang mengalami penurunan yaitu diperkirakan turun 2,7 persen menjadi 4,57 juta orang.

(ant/R)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.

Tinggalkan Balasan