Pemko Padang Dukung Daur Ulang Sampah Jadi Usaha Kreatif

Sumber gambar: InfoPublik.id

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Pemerintah Kota Padang mendukung masyarakat mendaur ulang sampah menjadi usaha kreatif dan inovatif bernilai ekonomis. Hal itu juga merupakan upaya mengatasi persoalan sampah di Kota Padang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Fadelan Fitra Masta, Minggu (18/2/2024) mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan potensi dan memberikan edukasi kepada warga Kota Padang tentang mendaur ulang sampah menjadi bentuk usaha kreatif dan inovatif. Sebab, dalam sehari produksi sampah warga Kota Padang mencapai 650 ton.

“Selain mengoptimalkan potensi daur ulang mengatasi persoalan sampah di Kota Padang, Pemerintah Kota juga mendorong berdirinya bank sampah dengan target setiap RW di kelurahan memiliki bank sampah. Kemudian, juga mengajak masyarakat untuk ikut kegiatan bergotong royong bersama membersihkan melalui kegiatan Padang Bagoro,” kata Fadelan dikutip dari InfoPublik.id.

Sementara itu, Co Founder Trash2Move, Maghfira Maulani mengaku prihatin dengan keberadaan sampah yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya. Maka untuk itu bersama teman-teman berinsiatif mendirikan Komunitas Trash2Move yang bergerak dalam pengolahan limbah sampah plastik menjadi perabotan bernilai ekonomis.

“Program pengolahan sampah yang kami lakukan bersama Komunitas Trash2 Move dengan mengubah sampah limbah plastik menjadi produk yang dapat digunakan dan bernilai jual. Dari program ini diharapkan dapat mengurangi sampah plastik yang ada di lingkungan,” ujarnya.