Pemko Bukittinggi Realisasikan PKH dari Kemensos RI

0

Bukittinggi OkeEkspresNews.com – Pemerintahan Kota Bukittinggi merealisasikan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI dengan meluncurkan bantuan non tunai program keluarga harapan (PKH), Selasa (22/08) di Pelataran Jam Gadang, Bukittinggi. Panitia pelaksana dalam hal ini dilaksanakan oleh Dinas Sosial, Dra. Ellia Makmur, MM dalam sambutannya menyampaikan sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, pemerintah telah melaksanakan program keluarga harapan sebagai salah satu tahapan menuju sistem perhimpunan sosial. PKH juga diharapkan dapat meningkatkan akses terhadap layanan menuju kesejahteraan.

‘’Program ini telah menjadi program prioritas pemerintah, dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas keluarga menuju keluarga mandiri. Dan juga meningkatkan akses terhadap layanan pendidikan dan kesehatan,” ujar Ellia selaku Kepala dinas sosial kota Bukittinggi.

Dia menambahkan, dalam mengurangi angka kemiskinan, dinas sosial juga melakukan program kelompok usaha bersama (kube) dengan bantuan dana 30 juta rupiah perkelompok. “Masyarakat yang mendapatkan bantuan non tunai ini sebanyak 935 KK dengan bantuan Rp1.890.000/KK/th, dan untuk penyandang disabilitas sebanyak Rp2.000.000/KK/th. untuk bantuan kelompok usaha bersama atau kube diberi bantuan modal peralatan dengan jumlah total nilai 30 jt perkelompok,” tambahnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengatakan dalam sambutannya, agar penerima bantuan tidak mengharapkan pada tahun berikutnya. Masyarakat bisa berangkat dari kondisi seperti sekarang. “Saya berharap bantuan ini bisa memperbaiki perekonomian sehingga kita mampu untuk berangkat dari kemiskinan,bagaimana kita berobah jangan jalan ditempat ini yang harus kita lakukan bersama. Pergunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan,” ujarnya.




Sementara itu, salah seorang penerima bantuan, Gusmayeni mengatakan sangat berterimakasih kepada pemerintah karena telah memperhatikan masyarakatnya. “Saya sangat senang sekali mendapatkan bantuan ini, bisa saya pergunakan untuk kebutuhan. Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Bukittinggi yang telah memperhatikan kami,” ujarnya berharap. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kanwil BRI Sumbar, Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi, kepala Kemenag Kota Bukittinggi, kepala Bulog, Ketua Baznas, Camat, Lurah dan OPD Kota Bukittinggi. (Yasir)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.