Pemkab Pasbar Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

PASBAR, EKSPRESNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) menyerahkan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 80.320.000 (delapan puluh juta tiga ratus dua puluh ribu rupiah) kepada Pemkab Cianjur untuk membantu korban bencana gempa bumi Cianjur yang terjadi pada 21 November 2022 lalu. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Pasbar, Hamsuardi kepada Bupati Cianjur yang diwakili oleh Sekda, H. Cecep Alamsyah didampingi Asda 2 bidang Ekbang Budhi Rahayu Toyib, pada Kamis (23/2) di Pendopo Kabupaten Cianjur.

Pada penyerahan bantuan tersebut Bupati Hamsuardi didampingi oleh Asisten 1 Setia Bakti, Asisten 3 Raf’an, Staf Ahli Bidang Agama Adrianto, Staf Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi dan Pembangunan Imter Pedri yang juga merupakan Plt Kadis Kominfo Pasbar, perwakilan BAZNAS Pasbar dan beberapa kepala OPD terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Asda 2 bidang Ekbang Budhi Rahayu Toyib mewakili Pemkab Cianjur, mengungkapkan rasa terima kasih atas perhatian dan bantuan dari warga dan Pemkab Pasbar meskipun Pasbar juga dalam kondisi pemulihan atas Bencana gempa yang dialami sebelumnya.

“Semoga amal dan niat baik Pemkab Pasbar beserta warga diberi balasan yang setimpal oleh Allah Yang Maha Kuasa, dan mudah-mudahan warga Pasbar bisa bangkit dan pulih secepatnya,” ujar Budhi Rahayu.

Ia menambahkan, atas bencana gempa bumi yang dialami yang bisa lakukan saat ini adalah merelokasi dan memperbaiki sarana prasarana yang rusak.

Sementara itu Bupati Hamsuardi menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan oleh Pemkab Pasbar kepada warga Cianjur berasal dari sumbangan ASN se-Kabupaten Pasaman Barat dan Rp 1 juta dari PHI Kecamatan Luhak Nan Duo Pasbar.

“Bantuan yang kita bawa janganlah dilihat dari jumlahnya, tetapi dari bentuk kepeduliannya, karena kami masyarakat Pasaman Barat juga merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat Cianjur, sebab kami lebih dulu dilanda musibah yang sama pada Februari 2022 yang lalu,” ujar Hamsuardi.

Lebih lanjut Hamsuardi juga mengatakan bahwa rasa trauma dan stress setelah bencana itu juga dirasakan masyarakat Pasbar, karena kehilangan harta benda bahkan nyawa anggota keluarga merupakan masalah yang dihadapi oleh korban bencana.

“Salah satu cara yang bisa Kami lakukan untuk mengurangi beban itu adalah dengan menunjukkan kepedulian kami kepada masyarakat Cianjur,” ujarnya.

Menurutnya, rasa kepedulian ini bisa dilakukan apabila ada rasa persahabatan dan kepedulian terhadap sesama, oleh karenanya ia berharap perlu menjaga silaturahmi agar persahabatan terus terbina.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat Cianjur yang terkena bencana,” harap Hamsuardi.

Dalam kesempatan yang sama Baznas Pasbar juga menyerahkan bantuan kepada 10 kepala keluarga warga Cianjur asal Pasbar yang terdampak gempa bumi Cianjur senilai Rp 10 juta.

Bantuan diserahkan oleh Ketua Baznas Pasbar yang diwakili oleh Muhammad Jamil kepada 10 KK yang terdampak bencana tersebut.

Sebelum penyerahan bantuan, Bupati Hamsuardi dan rombongan melakukan ramah tamah dengan warga Pasbar yang telah lama berdomisili di Cianjur.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Hamsuardi menyampaikan bahwa masyarakat tersebut jangan merasa tidak ada yang peduli kepada mereka dan menghimbau agar mereka harus bangkit lagi dan jangan larut dalam kondisi pasca tertimpa bencana.

Salah satu perwakilan masyarakat Pasbar yang ada Cianjur menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga atas kepedulian pemerintah daerah dan masyarakat Pasbar terhadap warganya yang berdomisili dan hidup di luar Pasbar khususnya di Cianjur.

‚ÄúTerima kasih pak bupati, terima kasih Pemda Pasbar, terima kasih BAZNAS, terima kasih kepada seluruh warga Pasbar yang telah peduli kepada kami warga Pasbar yang hidup di perantauan,” katanya.(Andika)