Pemilu 2019, Kantor KPU Kabupaten Solok Diserbu Warga

0

WhatsApp Image 2018-02-22 at 12.51.20

EkspresNews.com – Dihari terakhir pendaftaran sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada Pemilu 2019, ratusan calon PPS membludak di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok untuk memasukkan dokumen pendaftaran, Rabu (21/2).

Setidaknya ada sekitar 400 calon PPS yang mendaftar, itu Berdasarkan daftar register, jumlah pendaftar yang telah memasukkan dokumen hingga pendaftaran ditutup mencapai ratusan orang. Kata Komisioner KPU Jons Manedi di kantor KPU Kabupaten Solok, Rabu (21/2).




Kalau kita lihat,  animo masyarakat yang mendaftar membludak drastis satu hari menjelang di tutup. Kalau hari-hari sebelumnya jumlahnya hanya puluhan saja. Ini menandakan bahwa masayarakat kita menginginkan pesta demokrasi yang damai dan sesuai dengan harapan kita bersama.

Meningkatnya, calon PPS ini bukan tanpa alasan, ini di dikarenakanmenurut adanya sistem baru yang diterapkan KPU dalam hal pendaftaran. Jika sebelumnya calon PPS hanya menitipkan berkas pendaftaran dan diteruskan oleh PPK, tapi sekarang calon PPS harus mengantar langsung berkas tersebut di kantor KPU sekaligus melakukan registrasi. Soalnya PPK belum dilantik dan direncanakan hari ini Kamis ((22/2) dilantik,” jelas Jons manedi.

Dikatakan dia, nanti setelah proses pendaftaran ini selesai pihak KPU akan mengumumkan nama-nama calon PPS yang dinyatakan lengkap berkas. Menurutnya, tiap nagari harus memenuhi ketentuan minimal 6 pendaftar. Jika belum memenuhi, pihaknya akan melakukan perpanjangan pendaftaran khusus di Nagari yang pendaftarnya dibawah 5 orang. “Nanti setelah itu akan dilakukan seleksi tertulis dan tes wawancara di Kecamatan masing-masing,” katanya.

Diakuinya, rekrutmen calon anggota PPS ini sangat krusial. Sebab dari ratusan pendaftar yang sudah memasukkan berkas, KPU hanya akan memilih 222 diantaranya tiga pernagari dengan jumlah 74 Nagari di Kabupaten Solok. Diharapkanya, peserta yang dinyatakan lulus dan terpilih nantinya merupakan yang terbaik, sehingga akan mampu membantu tugas KPU sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat Nagari dan Jorong. Juga dalam membantu PPK nantinya. (Edrin)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.