Pemilihan RT IV Kolhua Berlangsung Demokratis

0

EkspresNews.com – Lingkungan Rukun Warga (RW) IV Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT) secara Demokratis kiranya menjadi contoh berdemokrasi yang baik, Sabtu (16/12).




Serunya pemilihan  ini tak kalah menarik seperti pemilihan Umum kepala daerah atau Legislatif, Terdiri dari 3 (Tiga) RT secara serentak  yang dilakukan pemilihan yaitu: RT 10, RT 11, dan RT 12. Tampak sejak pagi sabtu 16 Desember 2017, masyarakat ke 3 RT ini berbondong – bondong secara aktir ke tempat pemunugutan suara, yang sesuai undangan panitia pemilihan yaitu, di Rumah Ketua RW, Bapak Drs. Esye, Pandie, SH. M.SI, Perumahan BTN Kolhua, Blok K. Nomor. 45.

Pantauan Tabloid Indonesia Raya (afiliasi EkspresNews) di tempat pemungutan suara panitai sudah menyediakan tenda, kursi, kotak suara, Identitas Calon dan admninistrasi lainnya, juga berbagai makanan ringan yang siap disuguhkan untuk melayani masyarakat hendak  melakukan pemungutan suara secara langsung, bebas dan rahasia, sejak Pukul 08.00 s/d 13.00 Wita.

Kepada Tabloid Indonesis Raya, Ketua Panitia Pemilihan yang juga ketua Rukun Warga (RW) IV, Drs. Esye, Pandie, SH. menjelaskan mekanisme pemilihan. “Sejak sebulan yang lalu kami melakukan penjaringan ke masyarakat ke tiga RT ini, setelah melakukan penjarinagn ada beberapa nama yang layak menjadi calon RT selanjutnya di buat pernyataan  kesediaan dari para calon, selanjutnya dua hari sebelum pemilihan ini dilaksanakan kami menyebarkan undangan kepada seluruh masyarakat untuk bisa partisipasi aktif dan memilihnya sesuai dengan hati nurani,  bahkan dengan secara sukarela warga RT IV kelurahan Kolhua ini menyediakan segala fasilitas untuk kegiatan pemilihan seperti tenda, kursi, snack dan lainnya, tanpa ada bantuan sedikitpun dari pihak keluarahan, ini bukti nyata dari kerjasama yang baik, gotong royong dari kami di RW IV Keluarahan Kolhua, sehingga sebagai panitia dan juga ketua RW menyampaikan terima kasih yang berlimpah kepada masyarakat atas partisipasinya menyukseskan kegiatan pemilihan RT ini secara demkratis,” ujarnya.

Pandie juga menyampikan harapannya,  para Ketua RT yang terpilih untuk senatiasa menjadi telinga dan mulut bagi warganya,  menjadi perpanjangan tangan pemerintah yang terdekat di masyarakat, contoh atau panutaan bagi warga, Tidak segan-segan konsultasi dengan yang berpengalaman jika mengalami kesulitan,  ingat anda sudah terpilih karena terbaik yang terbaik selalu memberikan contoh yang baik bagi yang alinnya, juga saling koordinasi antara RT untuk kenyamanan warga kita,” demikian disampaikan Bapak ketua RW yang dikenal ramah dengan warganya ini.

Saat proses perhitungan suara berlangsung hadir pula Lurah Kolhu, Johan D.A Lopo, SE dan Babimkabtimas Kelurahan Kolhua dari Polsek .Maulafa, Bripka. I Ketut A. Widiantara.

Dalam sambutanya selesai perhitungan suara, Lurah Kolhua menyampaikan profisita kepada ketiga RT yang baru terpilih, dan mengharapkan kepada para RT yang baru untuk selalu aktif ke kelurahan untuk mengecek segala program – program pemerintah yang bisa disalurkan secara baik kepada warganya. Juga mengharapakan untuk senantiasa menjaga kemanan ketenteraman  di masyarakat apalagi dalam suasana hari besar menyammbut Natal dan Tahun Baru.

Lopo juga menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada panitia yang dengan sukarela dan mampu menyelenggarakan pemilihan ini secara demokratis.

Sementara itu salah seorang lurah terpilih dari RT 10, Djeter L. Lomi, S.Sos, menyampaikan tetap mempertahankan kerjasama yang baik selam ini di masyarakat, keamanan yang cukup terjamin, tetap berpartisipasi yang baik, tetap menjaga keberihan lingkungan secara baik pula,  tegas Djeter sapaan akrabnya.

Adapun hasil pemilihan ini, RT 10: Djeter J. Lomi, S.Sos, RT 11: Presley M.T Manu yang menumbangakan dua orang pesaingnya, Beny Amalo dan Ros Ndun,  RT 12: Aries Yohanes Ludji Pau yang menang mutlak atas salah seorang pesaingya: Pace Fomeni. (Erasmus Nagi Noi – Wartawan Madya)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.