Pemda Mentawai Sewa Hotel Untuk Pasien Covid-19, Berikut Rincian Biayanya

0

EkspresNews.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Satgas Penanganan Covid-19 telah menyiapkan dua jenis hotel yang berbeda untuk pasien Covid-19 yang terkonfirmasi positif.

Dua hotel tersebut yakni hotel turonia yang berada dikawasan desa Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara dan Wisma Lestari di desa Sikakap Kecamatan Sikakap.

Hal itu dikatakan Kalaksa BPBD Mentawai, Novriadi di aula sekretariat daerah Mentawai Sabtu, (21/11/2020).

“Sebelumnya kita juga sudah sampaikan bahwa mengingat makin meningkatnya yang positif, maka kita sewa dua hotel untuk pasien Covid. Biayanya pemda yang tanggung” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Hotel Turonia terdiri dari 26 kamar dipakai untuk ruang isolasi pasien Covid dan ruang tenaga medis yang bertugas dalam merawat pasien.

Karena menurutnya, tenaga medis yang bertugas menangani pasien Covid tersebut tidak diperkenankan pulang kerumah.

Sementara itu Wisma Lestari yang berada di Kecamatan Sikakap memiliki 14 kamar.

“Hotel turonia ada 26 kamar dan wisma lestari ada 14 kamar” ujarnya.

Lebih lanjut Novriadi menjelaskan, Turonia disewa selama 60 hari dengan harga 150 ribu setiap kamar/hari termasuk pajak yang berlaku Pajak Daerah 10% dan PPh 4%. Total biaya hotel turonia selama 60 hari yakni Rp. 234.000.000 dari tgl. 02/11-31/12/2020.

Sementara Wisma Lestari disewa selama 30 hari dengan harga 171 ribu setiap kamar/hari dan include dengan pajak daerah. Sehingga total sewa wisma lestari dari tanggal 14/11-14/12/2020 yakni Rp. 71.280.000.

“Besaran biaya antara hotel turonia dengan wisma lestari tidak sama. Hotel turonia 150 ribu itu sudah termasuk pajak, sementara pihak wisma lestari bertahan 171 ribu setiap hari per kamar dan itu sudah masuk pajak. Jadi karena pihak wisma lestari bertahan, maka kita sepakat sesuai permintaan mereka. Karena kita butuh untuk ruang isolasi” pungkasnya. (N)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.