PCNU Kabupaten Solok Gandeng Baznas Gelar Rakercab 2021-2026

Editors choice
0

Kabupaten Solok, EkspresNews.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten (Kab.) Solok gandeng Baznas Kab Solok menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) PCNU masa khidmat 2021-2026 sekaligus sosialisasi Zakat, Kamis (08/07) di  Aula Kantor KUA Kubung Nagari Koto Baru Kab.Solok, yang dilaksanakan sesuai dengan Protokol kesehatan yang ketat. Dihadiri oleh Ketua Baznas Kabupaten Solok, H. Elyunus.

Ketua Panitia Pelaksana Ustadz Almaturidi menjelaskan, kegiatan Rakercab dan Sosialisasi Zakat ini dibuka secara resmi oleh Bupati Solok H.Epyardi Asda yang diwakili oleh Kabag Kesra Zaitul Ikhlas. Diikuti oleh  seluruh pengurus NU Kab. Solok dan perwakilan dari 11 Majlis wakil Cabang (MWC) NU dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok
 
Dalam gelaran raker ini, NU menjalin kerjasama dengan Baznas Kab. Solok dengan melakukan kegiatan sosialisasi zakat. Diharapkan dalam giat ini peserta raker dapat merumuskan program dan  membuat terobosan hingga bisa memajukan organisasi NU di daerah Kab. Solok ini ke depannya, ucap Almaturidi yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kubung  tersebut.

Zaitul Ikhllas dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sekaligus berpesan kepada PCNU Kab. Solok agar pada Raker ini dapat menghasilkan kesepatan program kerja yang beriringan sejalan dengan  visi misi pak Bupati “mambangkik batang tarandam” dan mewujudkan Kabupaten Solok menjadi terbaik.

“Teruslah menumbuhkan semangat keagamaan di tengah masyarakat, sehingga masyarakat dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan baik dan khusu’, NU harus terus berperan serta mensejahterakan umat yang ada di Kabupaten Solok,” harapnya.

H. Afrizen Ketua NU Kab. Solok dalam sambutannya mengungkapkan, pasca dilantik secara resmi oleh Ketua PWNU Provinsi Sumatera Barat Prof Ganefri di Aula Kantor Bupati pada pertengahan Februari lalu,
Kami, PCNU Kab. Solok sebelumnya sudah menyiapkan untuk dapat diselenggarakan menggelar acara Raker ini. Namun dikarenakan Pandemi covid_19 ini, ada beberapa personil di jajaran pengurus NU yang ikut terpapar sampai jadi positif, makanya giat ini diundur jadi hari ini.

NU Sebagai sebuah jam’iyyah diniyah ijtima’iyyah memiliki tugas membina dan membangun sosial keagamaan warganya sehingga warga NU tetap berpegang teguh pada aqidah dan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah. “PCNU Kabupaten Solok sebagai bagian NU secara struktural memiliki kewajiban melaksanakan tugas organisasi, baik yang digariskan dalam AD/ART maupun program-program yang diamanatkan oleh PWNU Sumatera Barat yang disampaikan pada saat Konferensi Cabang NU Kab.Solok pada tanggal 20 Januari 2021 yang lalu di Aula Kemenag Kab.Solok. Di samping  itu PCNU juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pembinaan baik secara struktural maupun non struktural pada jejaring NU di bawahnya,” katanya.

Sementara itu Rais Syuriah NU Kab. Solok Buya Fahmi Riza berharap program yang disepakati oleh peserta pada Raker ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan diselaraskan dengan visi misi dan program pemerintah daerah Kabupaten Solok.

Pada kesempatan itu Kepala Kemenag Kab. Solok H.Alizar chan juga mengucapkan selamat dan mengapresiasi NU Kab.Solok, yang melaksanakan Rapat Kerja sekaligus dapat langsung kerja mensosialisasikan zakat. “Kenapa suatu organisasi itu wajib menggelar Rapat Kerja, karena Raker ini merupakan jantungnya sebuah organisasi. Pedomani sejarah Raker Pertama yang digagas oleh Rais Akbar NU KH Hasyim Asy’ari. Pada rapat kerja tersebut program utama NU itu yakni “Hajatuna au hajatul ummah”. Kepentingan ummat itulah yang menjadi tujuan, mensejahterakannya dan membetulkan serta meluruskan amalnya ummat, sesuai dengan alquran dan sunnah,” terangnya. (Zaki)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.