Paripurna Hari Jadi Pessel ke 75, Ketua DPRD Ingatkan HJK Bukan Hanya Seremonial Belaka

PAINAN, EKSPRESNEWS.COM – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-75, Sabtu (15/4) bertempat di gedung DPRD Painan berjalan khidmat.

Rapat paripurna itu dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Ermizen. Hadir dalam acara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, sejumlah bupati/walikota, ketua DPRD dan sekda se Sumatera Barat, Forkopimda, kepala perangkat daerah, pimpinan BUMN, BUMD, pengurus Parpol, Ormas, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Ermizen dalam sambutannya mengatakan, atas nama DPRD dan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur, Audy Joinaldy dan para undangan yang menyempatkan diri hadir dalam rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan yang ke-75 ini. Hari jadi Kabupaten sebagai hari bersatunya masyarakat dari Utara ke Selatan.

“Peringatan hari jadi kabupaten yang dilakukan setiap tahun memilki makna – makna mendalam dan bukan hanya eforia atau seremonial belaka,” ujar Ermizen.

Ada tiga hal yang perlu direnungkan dalam peringatan hari jadi kabupaten ini. ” Pertama, masa lalu tentang apa saja yang telah diperbuat untuk daerah. Kedua mengisi masa sekarang yakni dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Ketiga menatap masa depan yaitu memanfaatkan peluang dan meminimalisir segala kendala dan permasalahan.

Disampingnya itu, peringatan hari jadi kabupaten akan meningkatkan kepekaan semua elemen terhadap berbagai persoalan dan melakukan langkah-langkah untuk kemajuan Kabupaten yang lebih baik.

“Momentum hari jadi Kabupaten ini bisa menjadi motivasi dan bahan renungan serta melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat ke depan” ungkapnya.

Selanjutnya menurut Ermizen, Bupati Rusma Yul Anwar dan Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah yang merupakan mitra DPRD diharapkan saling bersinergi. Sebagai mitra, pihaknya juga berharap Bupati dan wakil meningkatkan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN).

Mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan harus dilakukan berdasarkan kemampuan seorang ASN dalam menduduki suatu jabatan.

Dalam menjalankan roda pemerintahan ada sejumlah keberhasilan yang diraih selama ini, namun jangan sampai terlena dengan keberhasilan itu, tetapi terus bekerja keras membangun dan memajukan daerah kedepannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Lalu , perencanaan pembangunan daerah hendaknya terus disempurnakan dalam upaya meminimalisir permasalahan serta kendala dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Kami yakin dan percaya bahwa bupati dan wakil bupati sangat memahami apa yang menjadi harapan masyarakat dan kebutuhan daerah. Kemudian kami yakin bupati dan wakil bupati dapat melaksanakan roda pemerintahan dengan baik,” katanya.

Disebutkan, peringatan hari jadi kabupaten ke-75 ini merupakan wujud rasa syukur seluruh masyarakat kepada Allah SWT. Peringatan hari jadi kabupaten juga menjadikan momentum untuk mencapai kemajuan, dan terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

“Mari kita terus bersatu dan bersama-bersama untuk membangun daerah yang kita cintai ini. Kita juga harus senantiasa berbenah diri, mengoptimalkan segenap potensi sumber daya alam yang ada dan sumber daya manusia untuk meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan,” harapnya.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar dalam katasambutannya mengatakan,” dengan memperingati hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke 75 tahun , dimana setiap tahun kita laksanakan kiranya janganlah menjadi sebuah kegiatan yang bersifat lebih dari satu refleksi bagi kita bersama evaluasi bagi kita terserah untuk masa depan, mari kita benahi kekurangan dan bisa kita perbaiki untuk masa masa yang akan datang.

Dan diingatkan kepada kita semua maayarakat dengan memperingati hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke 75 tahun ini menambah kecintaannya terhadap daerah ini kemudian juga akan kita jadikan sebagai pedoman dan acuan untuk menyatukan visi persepsi dan pandangan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan.

Serta peranan dalam rangka menunjang dan mensukseskan pembangunan yang sekarang dan akan kita laksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan,” ujarnya.

Alhamdulillah sampai sekarang sudah 3 tahun menjalankan roda pemerintahan tidak satupun kawan-kawan kita di OPD mempunyai data, iitulah kekurangan kami di yang tidak memiliki basis data dalam bentuk pekerjaan apapun, sehingga melangkah ke depannya tidak mempunyai data.

Apakah memang benar 5.198 anak-anak yang putus sekolah di tingkat SD SMP SMA itu belum tahu sampai selesai apa setelah Kita uji ke pada di sekolah yang ada dan disesuaikan dengan Dapodik Dinas Pendidikan, pertanyaan kita juga pengen tahu kalau benar 5.198 ini gimana fisik sebanyak, Apakah di kecamatan Koto XI Tarusan kecamatannya Pak Dokter atau di kecamatan Sutera kampungnya istri saya kan kita tidak tahu tentang Bagaimana. Karena itulah kelemahan kami” kata bupati.

Ini sudah menjadi keluhan saya hampir disetiap bulan mengenai data-data ini, setiap rapat saya minta kepada semua OPD agar menyediakan data-data program masing-masing OPD, berharap kawan-kawan kami yang diberi amanah untuk memegang jabatan terkait memahami kondisi ini itulah keluhan saya saat ini.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audi Joinaldi dalam katasambutannya mengatakan,” dihari jadi ke 75 Tahun Kabupaten Pesisir Selatan ini mari kita Intropeksi menjaga semangat dan komitmen seluruh stakeholder untuk mewujudkan tujuan dari adanya pemerintahan daerah yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat membentuk pilihan baru dengan menghitung dan mengukur kembali kinerja tahun-tahun sebelumnya.

Selanjutnya menyempurnakan kembali perencanaan memobilisasi semua sumber daya yang ada untuk mewujudkan apa-apa yang masih tertinggal dan perlu percepatan, sekali lagi bahwa tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat lahir dan batin.

Dengan demikian peringatan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan sebagaimana kita laksanakan pada hari ini bukanlah seremonial belaka terapi membuat sebuah momentum yang memiliki makna evaluasi dan prediksi untuk memandang Visi dan strategi ke depan makna evaluatif dan prediksi peningkatan ini tidak hanya dibutuhkan bagi pemerintah daerah kabupaten Pesisir Selatan Sumatera namun juga bagi DPRD kabupaten Pesisir Selatan dan seluruh lembaga serta semua lapisan masyarakat agar terus dengan populasi dan mempersiapkan diri dalam setiap upaya pembangunan Kabupaten.

Lebih baik perlu kita Ingatkan bahwa tahun 2023 ini ini masuk tahun ketiga bagi Bupati dan wakil Bupati untuk tugas dan kewenangan menyelenggarakan pemerintahan daerah jika banyak waktu yang tersisa dalam sebuah periodesasi kepentingan daerah sehingga strategi dan ini informasi, ” tutupnya. (Adv)