Fokus  

Panglima Yudo Margono Minta Pemda Manfaatkan Prajurit TNI di Daerah

Pangila TNI Yudo Margono

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meminta agar pemerintah daerah (Pemda) dapat memanfaatkan prajurit TNI untuk memperkuat dan membangun program desa. Hal tersebut disampaikan saat rapat koordinasi nasional yang merupakan kick off pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan (P3PD) Tahun 2023.

Yudo menegaskan bahwa TNI siap terlibat jika ada program desa yang membutuhkan bantuan TNI, hal tersebut dapat komunikasikan dengan satuan komando kewilayahan (Satkowil), Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) dan Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) yang ada di lapangan.

“Saya menjamin TNI akan menjadi pengayom dan selalu membantu masyarakat karena TNI harus bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya, ini yang selalu menjadi komitmen saya dimanapun TNI berada harus membawa manfaat,” kata Yudo di hadapan 600 peserta rapat di Puri Agung Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa 11 Juli 2023.

Yudo menjelaskan, hampir semua wilayah sudah tercover, baik dari wilayah yang terkecil para Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga. Kemudian yang lebih besar yakni di kabupaten ada Dandim dan Danrem, di provinsi pun ada Pangdam dan juga satuan-satuan kewilayahan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Silakan ini manfaatkan, silahkan ajak mereka bekerja sama karena kami memiliki perangkat alutsista, jangan malah ada sekat pada mereka justru ajak mereka untuk membangun desa dan saya yakin dengan kebersamaan pemerintah aparat desa dengan TNI-Polri, saya yakin kemajuan desa, kesejahteraan dan keamanan masyarakat akan selalu terjaga,” ucapnya.

Di akhir pembekalannya, Panglima TNI menyampaikan kutipan dari bapak ekonomi kerakyatan Indonesia, seorang tokoh perjuangan kemerdekaan nasional kenegaraan yang juga sebagai Wakil Presiden Indonesia pertama dan Proklamator Kemerdekaan Indonesia Bung Hatta.

“Indonesia tidak akan bercahaya karena obor besar di Jakarta tapi Indonesia baru akan bercahaya karena lilin-lilin di desa. Ini saya kira pernyataan yang sangat relevan sampai saat ini karena memang tadi sudah disampaikan justru dari lilin desa ini baru negara kita bisa bercahaya bukan dari Jakarta saja, tapi justru dari wilayah-wilayah pedesaanlah lilin-lilin ini akan muncul untuk bersama-sama membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya. (Red)