Padang Panjang Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

0

EkspresNews.com – Kota Padang Panjang menjadi salah satu kota yang menerima Pengahargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari 11 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat. Selain Padang Panjang, penghargaan serupa didapat Kota Padang, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pasaman Barat.

Penghargaan diberikan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI dalam rangkaian peringatan Hari HAM se-Dunia ke-72 secara virtual dengan tema “Recover Better, Stand Up For Human Rights”, Senin (14/12). Kegiatan diikuti Wakil Walikota, Drs. Asrul didampingi Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Ervic Rinaldy, S.H dan OPD terkait lainnya.

Dalam kegiatan ini, Presiden RI Joko Widodo mengatakan pentingnya memperhatikan nilai-nilai HAM. Apresiasi diberikan kepada seluruh provinsi, kabupaten/kota dan kantor pelayanan publik yang terus memberikan yang terbaik dalam pemenuhan HAM.

Hal serupa juga disampaikan Menkumham, Yasonna Laoly. Dia mengimbau untuk tetap menyelenggarakan hak-hak dasar manusia, baik itu hak untuk hidup, hak berkeluarga, melanjutkan keturunan, hak memperoleh keadilan dan lain sebagainya. “Ini adalah salah satu wujud menghormati HAM,” tegasnya.

Sementara itu, Asrul sangat bersyukur atas diterimanya kembali penghargaan kota peduli HAM ini. Itu berarti kepedulian Pemko terhadap pelayanan publik yang memenuhi hak asasi telah diberikan dengan baik. “Ini merupakan yang keenam kalinya Padang Panjang diberikan kepercayaan menerima penghargaan ini,” sebutnya. (Rel)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.