Padang Panjang Kota Sangat Inovatif di Sumatera Barat

0

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Prestasi luar biasa kembali dibukukan Pemko Padang Panjang. Kota Padang Panjang menjadi Kota Sangat Inovatif dengan meraih Peringkat III Nasional dalam Anugerah Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021, Rabu (29/12).

Dari 93 kota se-Indonesia, 12 kota mendapat penilaian “Sangat Inovatif”, 60 kota “Inovatif” dan 21 kota dinilai “Kurang Inovatif”. Padang Panjang menjadi kota nomor tiga di Indonesia yang “Sangat Inovatif” dengan nilai 64,08 di bawah Kota Singkawang (70,63) dan Kota Surabaya (64.08).

Dengan capaian itu, di Sumatera posisi Padang Panjang berada di peringkat satu. Di Sumatera, selain Padang Panjang, peringkat 9 didapat Kota Pariaman (61,22) dan peringkat 11 Kota Pekanbaru (60,14). Untuk kategori Provinsi, Pemprov Sumatera Barat berada di posisi enam nasional.

Dalam proses penilaiannya hingga mendapat peringkat III nasional ini, sebanyak 89 inovasi diinput Pemerintah Kota Padang Panjang ke aplikasi IGA. Hasilnya, Padang Panjang masuk nominasi 12 besar untuk Kota Sangat Inovatif.

Lalu penilaian tahap akhir, dilanjutkan dengan presentasi Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dengan membawa empat inovasi unggulan yang dipaparkan dihadapan Tim Penilai yang dipimpin Plh. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Eko Prasetyanto Purnomo Putro, di Jakarta pada 25 November lalu.

Empat inovasi unggul yang dipresentasikan ketika itu di antaranya, Semarak Desa Wisata Kubu Gadang, Smart Water Management System, Publis (Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial) dan RACHEL (Remote Area Community Hotspots for Education). Dalam presentasi ini, Wako Fadly turut didampingi Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md serta Wakil Ketua DPRD, Yulius kaisar dan Imbral, SE.

Setelah melalui semua proses itu, hari ini Kemendagri mengumumkan pemenang Anugerah IGA Tahun 2021 secara virtual yang diikuti Wako Fadly di Jakarta. Secara terpisah, juga diikuti Asisten III Bidang Administrasi Umum, Martoni, S.Sos, M.Si, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Rusdianto, S.IP, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dra. Maini, Kepala Sekolah SMPN 6 Padang Panjang, Muji Sirwanto, M.Pd serta undangan lainnya di Ruangan VIP Lantai II Balai Kota.

Atas prestasi luar biasa ini, Fadly Amran mengapresiasi seluruh stakeholder yang terlibat dan berpartisipasi aktif dalam melahirkan beragam inovasi di Padang Panjang.

“Inovasi-inovasi ini tidak lepas dari kolaborasi seluruh pihak. Ini adalah komitmen Pemko yang responsif terhadap perkembangan zaman dan ini sesuai dengan RPJMD 2018-2023 untuk mewujudkan kejayaan Padang Panjang yang bermarwah dan bermartabat,” ujar wali kota muda ini.

Fadly berharap Kota Padang Panjang semakin di-recognisi (dikenali) di level nasional melalui beragam kegiatan dan prestasi yang telah dibukukan. “Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Mendagri dan jajaran atas pengakuannya terhadap capaian inovasi di Kota Padang Panjang,” sebutnya.

Sementara itu, Rusdianto mengatakan, capaian tahun ini sangat luar biasa diraih Kota Padang Panjang. Pada tahun 2020, Padang Panjang berada di peringkat 20 nasional. Namun untuk tahun 2021 ini, bisa berada pada peringkat tiga.

“Ini semua berkat adanya dorongan, dukungan dari pimpinan kita. Baik itu Wako, Wawako, maupun Sekda, dengan komitmen yang sangat luar biasa. Ini juga merupakan kerja sama dari semua OPD terkait yang telah menyampaikan inovasinya,” tutur Rusdianto.

Ia juga berharap ke depannya Padang Panjang bisa lebih maksimal lagi untuk berinovasi, karena ini sudah dibuktikan dengan kenaikan peringkat yang sangat signifikan. “Semoga tahun depan dengan komitmen kita bersama, bisa mencapai peringkat yang terbaik,” ujarnya lagi. (Dian)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.