P2KD Tuapeijat Telah Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa

0

Mentawai, EkspresNews.com – Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Kepulauan Mentawai memasuki tahap penjaringan bakal calon. Salah satu desa yang telah membuka penjaringan bakal calon kepala desa yakni Desa Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara.

Pendaftaran telah dibuka Senin (05/4/2021) dan akan ditutup Selasa (13/4/2021). Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Tuapeijat, Merisman, mengatakan tahapan pilkades sudah berjalan dan saat ini memasuki proses pendaftaran bakal calon.

Hal itu dikatakannya saat dimintai keterangan di sekretariat P2KD Jumat, (9/4/2021). “Tahapan sudah dimulai, salah satunya penjaringan bakal calon ,” katanya.

Menurut dia, dasar pelaksaaan pilkades mengacu pada Peraturan Bupati No.15/2021 sebagai petunjuk teknis dalam penyelenggaraan pilkades.

Ia menjelaskan di dalam peraturan tidak dikenal lagi status domisili sehingga warga negara Indonesia (WNI) dimanapun berada bisa ikut mendaftar. “Syarat minimalnya pendaftar harus berusia 25 tahun,” katanya.

Menurutnya, apabila bakal calon yang mendaftar lebih dari lima orang, maka panitia harus melakukan seleksi administrasi. Di dalam seleksi ini, usia, tingkat pendidikan hingga pengalaman bekerja di dalam pemerintahan mendapatkan nilai tertinggi.

“Kalau batasan tidak ada karena dibuka seluas-luasnya. Tapi pada saat penetapan bakal calon, panitia maksimal hanya menetapkan lima calon,” tuturnya.

Sesuai data yang dihimpun dari P2KD Tuapeijat, hingga hari ke-5 pembukaan pendaftaran, baru 3 orang yang telah memasukkan berkas secara lengkap.

Merisman berharap, proses pendaftaran berjalan dengan lancar dan syarat minimal bisa terpenuhi sehingga tidak ada masa perpanjangan penjaringan bakal calon kepala desa. (N)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.