Ormas Go Digital 2021, Forum Jateng Gayeng Gelar Pelatihan Aplikasi Android

1

WONOSOBO, EKSPRESNEWS.COM – Ormas Forum Jateng Gayeng bersinergi dengan Kesabanhpol Jateng menggelar Ormas Go Digital 2021 berupa Seminar, Pendidikan dan Pelatihan Aplikasi Android bertempat di Gedung serba Guna MPC Nahdatul Ulama Jalan KH.Wahid Hasyim Km 1 Bugangan Kab.Wonosobo, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta dari 20 ormas Kota Semarang dan 5 ormas dari Kab.Wonosobo

Ketua Forum Jateng Gayeng (FJG) Prov.Jateng, Ahmad Robani Albar,SH.MH memaparkan Forum Jateng Gayeng induk ormas Jateng tahun ini ada tujuh program diantaranya saat ini mengadakan pelatihan aplikasi android ada juga ormas award yang akan dinobatkan 19 nopember 2021 di Kampung Pancasila yang akan dihadiri oleh tiga Mentri yaitu Menkumham yang kedua Mensetneg yang ketiga NGO International yang akan hadir jumat penyerahan ormas award di Kampung Pancasila jalan karang tengah II sebagai Kampung Tematik satu satunya se-Indonesia yang ada Kampung Demokrasi Pancasila di Kota Semarang,” ujar Robani.

Alhamdulillah ide yang digagas Robani Kampung Demokrasi Pancasila yang dimotori ormas dan LSM yang dibiayai 1,5 miliar oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi,SE.MM pada 12 april 2021. Kemudian waktu yang akan datang akan digelar di Lasem,” tutupnya.

Sementara itu KaKesbangpol Prov Jateng yang diwakili Kesbangpol Wonosobo, Sarwono,SH menerangkan Pemprov Jateng melalui Badan Kesbangpol Jateng menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan FJG dalam perjuangan bangsa menuju proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia,” terangnya.

Menurutnya Pemerintah dalam perhatiannya memberdayakan ormas harus menyadari bahwa kebedaraan ormas harus mewujudkan kebebasan berserikat dan berkumpul yang dijamin konstitusi. Disamping itu banyaknya ormas yang didirikan masyarakat sebagai bentuk peningkatan keikutsertaan secara aktif diseluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam memantapkan kesadaran kehidupan bernegara.

Lebih lanjut Sarwono menegaskan salah satu Operational System mobile yang masih popiler adalah android. Android menguasai pasar sebesar 76,3 persen,IOS 13,3 persen, windows home 3,7 persen BB 2,9 persen laptop 0,82 persen dan lainnya 0,6 persen.

Dia menambahkan untuk menyusun,menyimpan serta memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang kualitas, informasi relevan,serta akurat.

Teknologi IT yang menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data. Sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sesuai dengan kebutuhan dan teknologi komunikasi digunakan agar data disebarkan dan diakses,” tegasnya.

Usai menyampaikan sambutan Sarwono,SH sekaligus membuka kegiatan Seminar, Pendidikan dan Pelatihan Aplikasi berbasis android. Materi pembuka terkait Peran dan Fungsi Ormas yang disampaikan langsung oleh Ketua FJG, Ahmad Robani Akbar,SH.MH.

“Ormas sebagai organisasi yang mendukung dan melaksanakan program pemerintah serta mendukung upaya pemerintah dalam pembangunan.Ormas sebagai organisasi yang mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” ujar Robani.

Menurutnya ormas sebagai organisasi yang mengawasi proses pembangunan, mengawasi agar pembangunan berjalan baik serta turut aktif memelihara mengawasi proses pembangunan, turut aktif memelihara ketertiban dan keamanan,” tndasnya.

Kegiatan diakhiri dengan materi pelatihan bagaimana cara membuat aplikasi dengan memakai android yang dibimbing oleh Nurhamit.

Dirinya membimbing kepada seluruh peserta yang hadir dengan singkat dan padat serta membagikan panduan materi bagaumana cara membuat aplikasi berbasis android.

“Bagi peserta yang belum lancar dan mahir dalam membuat aplikasi melalui android kita lakukan bimbingan melalui grup WA peserta atau bisa menanyakan melalui HP saya bila ada yang mwngalami kesulitan,” pungkas Hamit. (Taufiq)

Editor : Abdi

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.