Nonton Coldplay Konser Di Indonesia, Siapkan Uang Segini!

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Coldplay diisukan akan menggelar konseri di Indonesia pada 5-17 November 2023 mendatang. Desas-desus ini menyusul beredarnya daftar booking Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang telah diteken untuk 12 hari, yakni pada 5-17 November 2023.

Sejumlah warganet juga ramai-ramai mencari bukti kebenaran kabar itu meski belum bisa dipastikan. Misalnya, kabar menguat setelah akun Twitter @tiketXid mengunggah gambar cover album musik terbaru Coldplay, Music Of The Spheres.

TiketX sendiri merupakan platform penjualan tiket yang beroperasi di Indonesia. Warganet berspekulasi, platform tersebut dipilih menjadi tender penjualan tiket konser Coldplay di Indonesia akhir tahun mendatang.

Berita kedatangan Coldplay juga dibeberkan oleh akun Twitter centang biru @SupirPete2. Media tersebut mengunggah sebuah percakapan berisikan informasi mengenai kedatangan Coldplay di Indonesia. “Barusan Coldplay confirmed di Jkt, November 2023. Kemungkinan 2 hari,” tulis informasi dalam room chat itu.

Sementara Coldplay sendiri belum memberikan keterangan apapun melalui media sosial mereka. Dalam unggahan terakhir mereka di Instagram, berisikan informasi mengenai World Tour UK / Europe 2023. Dalam daftar tersebut, tour dimulai sejak bulan Mei hingga Juli, yang berakhir di Amsterdam.

Apabila Coldplay datang ke Indonesia, berapa kira-kira harga tiket yang akan dipatok?

Pada tahun 2017, Coldplay pernah bertandang ke Asia Tenggara, namun tidak ke Indonesia, melainkan Singapura. Saat itu, Coldplay tengah menjalani tour bertajuk A Head Full Of Dreams Tour. Adapun harga tiket yang dijual berkisar mulai Rp700 ribuan hingga Rp2,8 juta.

Dengan pembagian sebagai berikut, tiket duduk (seated) dijual dengan harga S$78 (sekitar Rp741 ribu), S$128 (Rp1,2 jutaan), S$168 (Rp1,5 jutaan), dan S$268 (Rp2,5 jutaan). Kemudian kategori tiket berdiri (standing) dibuka dengan harga S$128 (Rp1,2 jutaan), S$228 (Rp2,1 jutaan). Ada juga kategori VIP yang dibanderol dengan harga S$298 (Rp2,8 jutaan) dengan fasilitas tiket prioritas dan merchandise resmi.

Jika melihat bagaimana Coldplay mematok harga untuk pasar di Asia Tenggara pada sekitar lima tahun lalu, kemungkinan besar range harga untuk tahun ini pun tak akan jauh berbeda, dengan mengalami sedikit kenaikan.

Sebagaimana nilai tukar uang yang potensinya akan terus bertambah seiring waktu bergulir. Sebelumnya, GBK juga digunakan untuk konser besar artis internasional, yakni BLACKPINK.

BLACKPINK melakukan konser di Jakarta dalam rangka Born Pink World Tour 2023. Mereka beraksi di GBK Senayan selama 2 hari, yakni 11-12 Maret 2023. Adapun harga tiektnya yakni berkisar antara Rp1.350.000 hingga Rp3,8 juta. Tiket kategori VIP bisa dibeli dengan harga Rp3,8 juta, kemudian Platinum Rp3,4 juta. Sementara tiket Cat 1 Rp2,9 juta, Cat 2 Rp2,6 juta, Cat 3 Rp2,1 juta dan Cat 4 Rp1.350.000.

Nah, apabila mengacu pada harga tiket konser BLACKPINK, bukan tidak mungkin konser Coldplay yang notabene lebih senior di industri musik dunia pun akan mengalami peningkatan. Diperkirakan, harga tiket konser Coldplay di Indonesia pada November mendatang, berada di range Rp1,5 juta hingga Rp4,5 juta. Namun harga tersebut bisa berubah secara fluktuatif melihat kondisi ekonomi nasional maupun global yang dapat mempengaruhi harga tiket konser di masa itu. (Red)