Nikmati dan Jaga Eksotisme Wisata Bawah Laut Flores

0

Laporan : Erasmus Nagi Noi (Wartawan Madya)

EkspresNews.comBerbicara tentang Flores saat ini pasti identik dengan keindahan akan alam yang tiada duanya menjadi daya tarik pariwisata baik domestik maupun mancanegara.

Ada Komodo di Labuan Bajo Manggarai Barat, Danau Kelimutu di Ende, Pemandian air panas di Soa Bajawa, dan masih banyak destinasi wisata yang sayang bagi para pelancong jika belum mengunjungi dan mengabadikannya.




Menyadari Flores saat ini menjadi lirikan bagaikan seorang gadis cantik, para pencinta alam ketika ditemui Indonesia Raya (afiliasi EkspresNews) baru-baru ini di Maumere,  Flores, Nusa Teggara Timur (NTT) bersepakat untuk bukan hanya menikmati keindahan tetapi sebagai putra daerah, turut berjuang bersama menjaga keindahan alamnya, yaitu para pencinta alam bawah laut Maumere Flores Nusa Tenggara Timur.

Berawal dari hobi yang sama dan iseng-iseng para pencinta alam bawah laut yang menamakan dirinya Mummere Snorkeling Community akan segera dilaunching.

Salah seorang Inisiator Mariana Tanjung atau yang biasa disapa Tari, kepada Indonesia Raya menyampaikan kebanggaan dan kegelisaan akan indahnya alam bawah laut Flores Khususnya di Maumere.

“Maumere memiliki panorama bawah laut yang sangat indah, ada Terumbu Karang, berbagai jenis Ikan dengan laut yang tenang, namun ketika beberapa kali saya bersama kawan-kawan menyelam menikmati bawah laut kita ini begitu banyak sampah yang dapat merusak terumbuh karang, ikan dan kelangsungan habitat laut lainnya,” demikian disampaikan Ibu dua Anak  yang  juga  berhasil menjadi Jura II Lomba Foto bawah laut teluk Maumere 2017 ketgori Snorkeling yang diselengarakan Dinaas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tari bercerita  rencana muia ini awal ia bersama kawan – kawannya yang memiliki hobi yang sama seperti, Mikael Jefri  Son, Oby da Rato, Bram Conterius, bersepakat mengajak kawan – kawan dari berbagai profesi dan latar belakang yang berbeda – beda untuk ikut bersama menjaga alam bawah laut dengan membentuk suatu komunitas dengan Nama, Mummere Snorkeling Community, berharap semoga dengan adanya komunitas ini mampu menggerakkan masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif dalam menjaga keindahan alamnya khususnya keindahan alam bawah laut. 

Bersama Mummere Snorkeling Community telah melaksanakan berbagai aksi nyata di bulan Oktober 2017 dengan Snorkling sekaligus membersihkan sampah di seputaran perairan pesisir Maumere dengan dengan semangat yang tinggi 10 orang anggota komunitas ini menujukan kepada masyarakat akan pentingya memelihara dan menjaga alam yang kita cintai ini.

Komunitas ini juga didukung, Ibu Susilowati Koopman Direksi Bank Sampah Flores atau biasa dikenal dengan ratu sampah Indonesia yang membantu menyediakan alat dan menampung sampah yang bisa dimanfaatkan utnuk di daur ulang.

Juga dalam membantu membentuk organisasi social ini Tari bersama rekan – rekannya selalu berkonsultasi dan arahan dari seorang fotografer/kontributor majalah maskapai nasional maupun internasional, terkenal, yang juga Putra Asli Muamere, Kab. Sikka Propinsi NTT, Valentino Luis. Valentino Luis jugalah yang turut membantu memperkenalkan keindahan bawah laut  flores.

Rencanannya dalam peluncuran nanti komunitas social ini juga akan mengundang para pemangku  kepentingan baik pemerintah Kabupaten Sika dan Pemerintah Provinsi NTT melalui dinas – dinas terkait juga dari lembaga DPRD baik kabupaten Sika  maupun Propinsi NTT, LSM, Ormas, orgnisasi kepemudaan dan organisasi – organisasi social lainnya. (*)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.