MPC Pemuda Pancasila Kab Semarang Gelar Latsar dan Pembaretan

0

Semarang, EkspresNews.com – MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Semarang menggelar Latihan Dasar (Latsar) dan Pembaretan anggota Komandan Inti Mahatidana Pemuda Pancasila bertempat di Rindam IV/Diponegoro Bantir, Sumowono Kabupaten Semarang selama dua hari Sabtu 2/10/2021 – Minggu, 3/10/2021.

Kegiatan diikuti sebanyak 267 anggota Koti Mahatidana dari dari 179 PAC di wilayah Kabupaten Semarang. Adapaun materi yang diberikan kepada peserta Latsar dan Pembaretan meliputi kamtibmas dan Pengaturan lalu lintas, jurnalistik, Kewirausahaan, Organisasi Pemuda Pancasila dan Olah TKP pada hari pertama sabtu 2/9/2021

Lalu pada hari kedua minggu, 3/9/2021 meliputi senam aerobik, Bela negara, Baris berbaris serta Long march.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab.Semarang, Budi Prasetyono,SH menjelaskan anggota yang sudah menjadi keluarga Pemuda Pancasila dan sudah ber KTA PP wajib mengikuti Latsar dan Pembaretan namun sebelum mengadakan latsarda dan pembaretan kita harus melakukan pra latsarda yaitu mendidik dulu ditingkat kewilayahan yaitu di tingkat PAC dan kalau udah siap serta memenuhi syarat baru mengadakan Latsarda dan pembaretan ditingkat MPC seperti sekarang ini yang sedang berlangsung,” ujar Budi.

Lebih lanjut Budi mengungkapkan bahwa anggota Koti Mahatidana MPC Pemuda Pancasila Kab.Semarang sekarang mencapai hampir 3500 anggota yang tersebar di 19 PAC Pemuda Pancasila di Kab. Semarang.

Menurutnya anggota yang mau gabung menjadi anggota PP kalau udah menjadi anggota Komandan Inti ( Koti ) Mahatidana Pemuda Pancasila harus mengikuti syarat yaitu mengikuti Latsar dan pembaretan sebagai bekal pemantapan anggota. Namun dalam pelaksanaan Latsar harus melaporkan dulu ke MPW setelah mendapat persetujuan baru kita laksanakan kegiatan ini,” tegas Budi

Di Pemuda Pancasila ada empat bagian didalamnya diantaranya Koti Mahatidana yang kedua Srikandi PP lalu yang ketiga SAPMA (Satuan Pelajar dan Mahasiswa) kemudian yang keempat BPPH di bagian pendampingan masalah hukum. Khusus untuk Koti Mahatidana dibawah langsung MPC namun untuk Srikandi, SAPMA serta BPPH ada AD/ART tersendiri namun untuk kegiatan dan kartu anggota tetap melalui Pemuda Pancasila.

Saya mantan purnawirawan Polri setahun ini, karena melihat Pemuda Pancasila di Kabupaten Semarang kurang kondusif, tidak ada orang yang pyuur benar benar memperjuangkan PP adanya cuma resek dengan bebepa ormas lain dulunya begitu, akhirnya oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Bambang Eko Purnomo SH saya dimintai bantuan untuk menjadi Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab. Semarang, jadi saya menjabat ketua belum genap satu tahun,” terang Budi.

Budi menambahkan Image kurang baik bagi Pemuda Pancasila dimata masyarakat sekarang saya hilangkan saya ajak untuk kegiatan yang positip dan alhamdulillah Pemuda Pancasila di Kab. Semarang semakin berkembang dengan bertambahnya anggota yang bergabung dangan ormas Pemuda Pancasila ,” pungkasnya.

(Taufiq)
About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.