Menuju Verifikasi Pendataan Dewan Pers, Satu-Satunya Lembaga Resmi Untuk Pers

0

EkspresNews.com – Selama rentang waktu 2012 hingga sekarang, agaknya media yang teman-teman baca ini baru mulai dikelola secara profesional pada awal tahun 2014. Dua tahun sebelumnya sebatas meraba dan para punggawanya masih mencari pola didunia jurnalistik.

Di tahun 2014, selain media daring ini, lahir sebuah media cetak mingguan Indonesia Raya dengan perwajahan yang cukup menarik. Saya masih ingat para playmaker Indonesia Raya masa itu seperti Pimpinan Umum Tamsir, Pemred Harianof, Wapemred Febriansyah Pahlevi, Agung, Hasan Ch, Ance Saputra, Ririn dan rekan di daerah berjibaku setiap Jumat malam.

Mereka adalah orang-orang yang penuh semangat dan tanpa kenal lelah berjuang bersama membangun Indonesia Raya walau pelan-pelan satu persatu berpindah. Itu hal biasa. Namun, kegigihan dan semangat kerjasama tadi, Indonesia Raya pada tahun 2014 masuk dalam buku pendataan Dewan Pers sebagai media yang terverifikasi.

Lantas hingga sekarang, Indonesia Raya tetap terverifikasi dalam pendataan oleh satu-satunya lembaga resmi negara yang sesuai amanat UU No 40 tahun 1999 itu, Dewan Pers. Akan tetapi, bagaimana nasib si EkspresNews.com yang hanya mengikut dibelakang saja?

Halang rintang keredaksian dan tata usaha media cetak Indonesia Raya makin hari makin kompleks. Begitu juga dengan redaksi dan unit bisnis media online EkspresNews.com, ditambah salah seorang admin secara tidak sengaja menyebabkan perginya adsense google yang merupaka satu-satunya suntikan amunisi kala itu.

EkspresNews hingga 14 Oktober 2020 melekat di Indonesia Raya, namun sidang umum PT Indo Raya Ekspres memutuskan untuk membuat EkspresNews lebih profesional dengan mengajukan pendataan verifikasi media ke Dewan Pers secara mandiri.

Banyak harapan yang tertumpang saat ini di EkspresNews, banyak semangat yang perlu dibangkitkan untuk terus menyuarakan kepentingan rakyat yang termarjinalkan. Banyak prakata yang perlu dituliskan untuk diketahui orang banyak.

Target EkspresNews tidak muluk-muluk, apalagi Pandemi Covid-19 merusak tatanan jurnalistik saat ini. Seperti perang Hoax sampai saling tuding saling membengengi ketidakadilan. Semoga jika nanti lulus verifikasi Dewan Pers, EkspresNews.com bisa lebig giat dan semakin akurat menyuarakan jeritan hati para buruh, pedangan, kaum-kaum yang tertindas dibawah. Semoga.

Abdi Masa – Wartawan Utama

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.