Menteri Parekraf Sandiaga Uno Kagumi Padang Panjang Usai Kunjungi PDIKM & Kubu Gadang

Editors choice
0

Padang Panjang, EkspresNews.com – Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, SP Datuak Marajo dan rombongan, langsung disambut hangat Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, bersama Kepolres Padang Panjang AKBP. Apri Wibowo, SIK, Dandim 0307/TD, Letkol.Inf. Wisyudha Utama dan kepala OPD di Kota Serambi Mekkah ini.

Dalam kunjungan kerjanya ke Sumatera Barat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Sandiaga Salahudin Uno sambangi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Padang Panjang, Rabu (21/4).

Setibanya di PDIKM, pria yang akrab disapa Bang Sandi itu, langsung mengecek Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ada di pintu masuk kawasan wisata PDIKM Bustanul Arifin. Bahkan sebelum memasuki kawasan PDIKM, Sandiaga Uno sempat membeli beberapa lembar tiket masuk lokasi wisata untuk rombongan dari Kemenparekraf RI.

“Sebelum memasuki lokasi wisata, tentu kita harus beli tiket dulu. Sekalian kita juga ingin melihat kesiapan para pelaku wisata yang ada di sini. Mulai dari prokes-nya, hingga kesiapan tim dan pengelola lokasi wisata di sini,” sebut Bang Sandi.

Di kesempatan tersebut, dia melihat koleksi yang ada di museum Bustanul Arifin. Mulai dari buku-buku sejarah, hingga foto-foto bersejarah. Menparekraf itu pun berencana mengembangkan spot wisata PDIKM dengan narasi yang mudah dipahami. Mengangkat sejarah di ranah Minangkabau dengan storytelling dan storynomics.

“Ini adalah tugas kita. Tugas dan fungsi kita di Kemenparekraf untuk membantu mengemasnya, di Deputi Bidang Industri dan Investasi. Kita akan lanjut bekerja sama langsung untuk menjaring minat dari para investor untuk mengelola. Tentunya, sesuai dengan tema trend terbaru pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk juga di sini di Padang Panjang yang dikenal sebagai Serambi Mekkah,” ungkapnya.

Ia berharap pengembangan The Gate of Minangkabau ini selaras dengan tujuan Kemenparekraf untuk meningkatkan kualitas dan sustainabilities. “Pada masa pandemi ini, kita tetap harus Garcep (Gerak Cepat) dalam membangun dunia pariwisata, dengan menerapkan Gaspol (Garap Semua Potensi Lokal),” pungkas pria kelahiran Riau itu.

Sementara itu, Wako Fadly Amran menyambut baik kedatangan Menparekraf ke Kota Padang Panjang. Dia meyakini kedatangan Menparekraf dapat menjadi energi tersendiri bagi pelaku pariwisata di Kota Padang Panjang.

“Kita sangat yakin, kedatangan Bang Sandi ke Padang Panjang dapat membangkitkan gairah pariwisata di kota ini. Semua arahan-arahan dari Menparekraf akan kita tindaklanjuti demi meningkatkan potensi pariwisata dan meningkat kunjungan ke Kota Padang Panjang,” ujar Fadly Amran.

Dalam kesempatan itu, Fadly Amran juga memaparkan geliat pariwisata di Kota Padang Panjang, serta membahas rencana pembangunan Rest Area Silaing Bawah yang nantinya akan terhubung ke PDIKM dan Minang Fantasy.

Setelah mengunjungi PDIKM dan Minang Fantasy Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA melanjutkan kunjungan ke Desa Wisata Kubu Gadang yang didampingi Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, serta anggota DPR RI, dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR dan Ade Rezki Pratama, S.E, M.M.

“Desa Kubu Gadang satu dari 244 desa wisata di Indonesia yang kita dampingi sampai menjadi desa mandiri. Kita ingin Kubu Gadang bisa menjadi Pandemic Winner berbasis nature dan culture,” tuturnya.

Sandi juga berharap, Kubu Gadang bisa menjaga komitmen sebagai desa wisata berbasis budaya. Semangat masyarakat setempat untuk mengembangkan Kubu Gadang, bisa meningkatkan minat kunjungan berkualitas dan berkelanjutan.

Dalam kunjungan ini, Sandi disambut dengan pemasangan Deta Minang oleh Niniak Mamak Panghulu Kubu Gadang, Jufriadi Dt. Sati, ditemani pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza zen, Ketua Forum Kota Kreatif Padang Panjang, Ridwansyah dan Ketua Forum Pokdarwis Padang Panjang, Zikril Husna.

Saat berada di Kubu Gadang, Sandi juga berkesempatan menyaksikan Tari Galombang dan Silek Lanyah yang merupakan ciri khas Kubu Gadang dengan atraksi bersilat di sawah. Turut hadir, Sekretaris Daerah, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Forkopimda, asisten, staff ahli, kepala OPD, camat, lurah, HIPMI Sumbar, KNPI, Pokdarwis se-Padang Panjang dan unsur masyarakat. (Adv)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.