Memanfaatkan Pucuk Tebu Sebagai Pakan Sapi Pengganti Rumput Gajah

0

Pati – Masalah yang dihadapi khususnya dalam pengembangan ternak ruminansia, terutama di daerah- daerah padat penduduk yaitu semakin terbatasnya lahan yang dapat dimanfaatkan untuk tanaman rumput. Salah satu limbah pertanian
yang umum digunakan sebagai pakan ternak ruminansia masyarakat adalah pucuk tebu.

Memasuki musim kemarau petani tebu daerah Kabupaten Pati sedang melaksanakan panen tebu termasuk diantaranya Desa Tamansari, Kecamatan Jaken dimana desa tersebut saat ini sedang digelar TMMD reguler ke 111 Kodim Pati. Dalam panen tebu tersebut banyak warga yang memanfaatkan pucuk tebu sebagai pakan ternak sapi peliharaannya.

Seperti yang dilakukan Ngadiri (54) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken yang memanfaatkan pucuk tebu sebagai pakan sapi miliknya. Saat sedang kesulitan akan membawa pucuk daun tebu yang dikumpulkannya, melihat akan hal itu Serda Fajarianto anggota satgas TMMD disela Istirahatnya bergegas membantu untuk menaikan pucuk tebu ke atas gerobak yang diangkut dengan motornya. Jum’at (09/7/2021)

Dijelaskan oleh Ngadiri bahwa pucuk tebu digunakan sebagai hijauan makanan ternak pengganti rumput gajah tanpa ada pengaruh negative pada ternak sapi miliknya. Setiap panen tebu tiba ia bersama warga yang lain selalu mengumpulkan pucuk tebu tersebut untuk pakan ternaknya. Sembari mengikat tali gerobaknya, ucapan terimakasih ia sampaikan.

“Terimakasih banyak pak TNI sudah bantu ringankan saya angkat muatan kegerobak,” kata Ngadiri

Sambung Ngadiri jika ia sangat senang dengan adanya pembangunan jalan betonisasi yang saat ini akan selesai pengerjaannya, sehingga bila kesawah bawa muatan sudah mudah dan nyaman karena jalannya halus dan bagus.

Comments

comments

About author