Masyarakat Hiliran Gumanti Sangat Membutuhkan Tower Pemancar Jaringan

1

EkspresNews.com – Masyarakat di Jorong Sungai Abu, Kec. Hiliran Gumanti, Kab. Solok, Sumatera Barat, sangat membutuhkan pemasangan tower pemancar jaringan Telekomunikasi. “Ya, masyarakat Sariak Sungai Abu sangat membutuhkan adanya pemancar jaringan telekomunikasi agar masyarakat tidak susah payah untuk mencari jaringan khususnya mahasiswa yang sekarang kuliahnya secara daring,” kata Wali Nagari Sungai Abu, Padri Wantio, Jumat (05/02/2021).

Sebelumnya sudah ada pengajuan Pemasangan tower ke Kominfo, Tapi belum ada tanggapan/balasannya sampai sekarang. “Dari tidak adanya jaringan menghambat perkembangan masyarakat dalam mengikuti kamajuan zaman. Dan dengan tidak adanya jaringan membuat perputaran ekonomi itu masih dalam skala tradisional saja. Tidak adanya jaringan ini sudah begitu lama, dan rata-rata tidak banyak Nagari di Kab. Solok pada khususnya sampai sekarang tidak ada sinyal mungkin hanya ada di Dua Kecamatan di tiga lurah dan Hiliran Gumanti,” salah seorang warga Sungai Abu, Randika, (05/02/2021).

“Bagi orang tua tidak tahu perkembangan anaknya dalam pembelajaran, dan bagi orang tua yang mempunyai keluarga di rantau tentu tidak bisa berkomunikasi dengan baik dan butuh biaya besar untuk mengikuti apa yang tersedia di kampung, dan harapannya dipercepat sehingga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di kampung,” ungkapnya.

“Kendala jaringan seluler maupun internet, yang pasti sangat disayangkan, di jaman yang serba canggih, tapi masyarakat Sungai Abu belum merasakan indahnya kemerdekaan, terutama di bidang telekomunikasi,” kata Salah satu masyarakat Sungai Abu, Hongki, Jumat (05/02/2021).

“Tambah lagi di masa pandemi, pemerintah mengharuskan sekolah, kuliah daring, adik-adik dan teman-teman mahasiswa berjuang mendapatkan jaringan begitu susahnya, pokoknya perkembangan informasi sangat minim,” ungkapnya. “Semoga pemerintah Provinsi, atau Kab. Solok bisa membangun jaringan untuk wilayah Hiliran Gumanti, khususnya Sariak Sungai Abu. Karna kita sama-sama tau, seiring berkembangnya zaman, semua kalangan sangat membutuhkan jaringan, baik segi ekonomi, pendidikan, agama, dan lainnya,” ungkapnya.

Disitulah fungsinya pemerintah Nagari, Pemerintahan Kecematan maupun anggota DPRD mengusulkan pembangunan tower. “Kalau dikominfo kami hanya Fasilitator, sebab kalau tower itu Swasta sifatnya. Kalau diperkuat surat usulan dari nagari dan kecamatan di perjuangankan oleh DPRD bisa tu membangun tower. Dengan dasar yang kongkrit dan masuk skala Prioritas,” kata salah seorang anggota dari Kominfo Kab. Solok, Supri Ardi. (Dila)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.