Masyarakat Desa Sungai Pasak Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

0

SUNGAI PASAK, EKSPRESNEWS.COM – Hari Minggu 17102021 kemaren masyarakat Desa Sungai Pasak Kecamatan Pariaman Timur memperingati kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW dengan mengadakan masyarakat malamang, masyarakat badikie, masyarakat bakayaik, masyarakat bajamba dan puncaknya Masyarakat Badoncek /Gotong Royong! Prosesi acara seperti ini selalu dilaksanakan hampir dan mungkin lebih 100tahun yang lalu.

Intinya adalah bagaimana menstimulan masyarakat untuk kerjasama sosial kemasyarakatan dalam mensyiarkan agama Islam. Kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat yang kini ada 4 dusun (mudiak, ilie, tangah dan tanjuang/kpg tangah ) bersatu membangun kampuang.

Alhamdulillah ini bisa dipertahankan masyarakat karena didukung penuh oleh seluruh ninik mamak 5 suku yang ada (caniago, tanjuang, jambak, piliang dan koto), urang tuo, kapalo mudo, kapalo desa dan kapalo dusun, tidak ketinggalan seluruh urang sumando baik padusi maupun laki-laki. Tidak kalah pentingnya adalah juga Para Perantaunya di seantero nusantara ini.

Alhamdulillah…acara puncak ketika asyar kemaren sangat semaraknya yang dihadiri Kepala Desa, Pak Camat Pariaman Timur dan masyarakat sekitar Sungai Pasak (Sei Sirah, Kajai, Bungo Tanjung, Air Santok Cubadak Mentawai, Koto Marapak, Batang Kabuang dll) turut badoncek sehingga terkumpul dana sumbangan wakaf untuk kelanjutan pembangunan Mesjid Raya Sungai Pasak ini sebesar lebih kurang Rp 75jutaan.

Seluruh warga yang disampaikan oleh ninik mamak melalui Pengurus Mesjid menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas sumbangan dan wakaf kaum muslimin dan muslimat ini. Mudah-mudahan Allah Swt memberikan balasan amal pahala yang berlipatganda hendaknya amien!.

Laporan : Ika

Editor : Shakeel

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.