Koramil 01 Bukittinggi Laksanakan Imbauan Panglima TNI

0

EkspresNews.com – Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, Koramil 01 Kota Bukittinggi melaksanakan imbauan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo agar seluruh jajaran TNI dan masyarakat ikut merayakan dengan menggelar murojaah dan membaca ayat-ayat suci yang bertemakan “Murojaah untuk Indonesia Kasih Sayang” pada tanggal 17 Agustus 2017 pukul 17.00 WIB s/d 18.00 WIB. Gerakan aksi ini disebut dengan aksi 171717.

Hal tersebut diungkapkan oleh Babinsa Koramil 01 Kota Bukittinggi, Serka Arfiyasrul kepada Indonesia Raya diruang kerjanya, Selasa (08/08/2017) yang lalu. Serka Arfiyasrul mengajak masyarakat Bukittinggi untuk melaksanakan kegiatan zikir dan doa bersama. “Kita disaat itu, hari itu, atau jam itu, kita melaksanakan zikir bersama dan doa bersama yang bertempatkan di Masjid-Masjid atau Musalla”, ujar Serka Arfiyasrul.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan aksi 171717, Koramil 01 Kota Bukittinggi telah menggandeng Pemerintah Kelurahan Pakan Kurai serta seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan murojaah yang akan dilaksanakan di Masjid-Masjid dan Musalla.

“Kami mengundang Lurah Pakan Kurai untuk melaksanakan imbauan Panglima TNI Gatot Nurmantyo supaya pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2017 tepatnya 171717, dengan artinya tanggal 17 Agustus pukul 17.00 WIB tahun 2017 untuk melaksanakan zikir bersama dan doa bersama yang bertempat di Masjid-Masjid atau Musalla. Jadi kita berkoordinasi dengan kelurahan setempat, mengimbau dan mengajak masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, kepada Indonesia Raya, Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dinas Administrasi (Bati tuud) Koramil 01 Kota Bukittinggi, Pelka Asrizal Sikumbang mengatakan setelah doa bersama, TNI akan menyampaikan bahwa tanggal 17 inilah Indonesia merdeka. “Kita akan menyampaikan kepada masyarakat bahwa tanggal 17 inilah Indonesia merdeka, jadi masyarakat menumbuhkan jiwa pedulinya pada NKRI,” ujar Pelda Asrizal Sikumbang.

Sementara itu, imbauan ini, kata Arfi lagi, tidak hanya berlaku satu jam saja pada tanggal 17 Agustus. Akan tetapi diupayakan tetap berkelanjutan, karena kita berdoa bersama untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia juga mengharapkan dukungan dari masyarakat. “Insya Allah kegiatan ini akan berlanjut, NKRI ini adalah harga mati dan harus kita syukuri. Kalau tidak ada dukungan dari masyarakat atau warga Bangsa Indonesia kita tidak dapat berbuat apa-apa,” tambahnya.

Pada waktu yang bersamaan, Kelurahan Pakan Kurai menyambut baik gerakan aksi yang dilakukan oleh TNI dan harus didukung bersama-sama. “Ini merupakan imbauan yang amat mulia, imbauan hamba pada Rabb. Itu wajib! Ini sesuai dengan pembukaan UUD 1945, atas berkat Rahmat Allah yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. Imbauan tersebut sangat kita dukung, sangat bagus dan sangat amat mulia,” ujar Lurah Pakan Kurai, Tomi Hidayat kepada Indonesia Raya. (Yasir)




About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.