Komandan Satgas PAM VVIP Pimpin Apel Gelar Pasukan Kedatangan Ketua Dekranas Pusat

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Komandan Satuan Tugas PAM VVIP, Brigjen TNI Rayen Obersyl memimpin pelaksaan Apel Gelar Pasukan PAM VVIP kedatangan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat di Kota Padang Panjang dan Kabupaten Solok, Rabu (19/7).

Digelar di Lapangan Bancalaweh, apel diikuti semua pasukan baik itu Ring-1, Ring-2 maupun Ring-3 pengamanan kedatangan RI-4 tersebut pada 21 Juli 2023 mendatang. Juga hadir Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Forkopimda Provinsi, Forkopimda Kota Padang Panjang, Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si serta jajaran lainnya.

Dalam amanatnya, Danrem 032/Wbr itu menyampaikan apel ini untuk menjaga keamanan dan keselamatan serta kenyamanan pribadi VVIP. Menjamin keamanan wilayah yang menjadi objek kunjungan VVIP disetiap saat di mana pun berada. Ancaman terhadap VVIP bukan hanya dalam keselamatan pribadi saja, namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat serta kewibawaan pemerintah.

“Oleh karena itu untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI-Polri serta seluruh institusi dan pihak lainnya perlu menyelenggarakan operasi pengamanan VVIP secara terpadu. Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana persiapan pasukan pengamanan, baik perorangan maupun satuan sesuai prosedur ketat VVIP. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau salah prosedur dalam pelaksanaannya di lapangan,” ujarnya.

Pelaksanaan apel ini, tambah Brigjen Rayen, sebagai sarana untuk koordinasi dengan unsur-unsur yang ada di lapangan. Sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksaannnya, dan kendala di lapangan dapat dengan cepat dan tepat untuk diatasi.

“Saya selaku Satgas Pamwil VVIP harus dapat memastikan bahwa tiap-tiap satgas sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu menangkal berbagai kerawanan yang diprediksikan dapat terjadi. Secara teknis personil pengamanan VVIP akan ditempatkan di setiap lokasi yang akan menjadi sasaran peninjauan dan sepanjang rute yang dilalui, baik itu rute cadangan maupun rute pengganti,” tuturnya lagi.

Pada kegiatan tersebut, Satgas Pamwil VVIP juga menyematkan tanda satuan tugas pasukan PAM VVIP, serta meninjau masing-masing satuan terhadap kesiapannya melaksanakan tugas. (Dian)