Kodim 1206/PSB, Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar Tingkat SMA

Putussibau, EkspresNews.com – Kodim 1206/Putussibau memberikan materi tentang wawasan kebangsaan kepada siswa dan siswi SMA di Kapuas Hulu bertempat di Taman Pulau Kambing Makodim 1206/PSB, Senin (07/06/2021).

Kegiatan Wawasan Kebangsaan Triwulan II Kodim 1206/PSB dengan tema “TNI AD melalui pembinaan kegiatan Wawasan Kebangsaan, siap membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan Kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat Kebhenika Tunggal Ikaan dalam menjaga keutuhan Negara Republik”.

Kegiatan yang dilaksanakan didahului dengan kata sambutan dan pengarahan oleh Kepala Staf Kodim 1206/PSB Mayor Inf Agus Jaelani dan di dampingi oleh Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Sanjaya dan dihadiri oleh puluhan peserta dari siswa dan siswi tingkat SMA SeKapuas Hulu.

Dalam kesempatan ini, Kasdim 1206/PSB memberikan pengarahan tentang pentingnya Wasbang bagi siswa dan siswi. Sehingga kelak memahami sejarah bangsa Indonesia dan diharapkan berorientasi pada NKRI.

Ada beberapa poin yang dapat dipetik dalam wawasan kebangsaan. Pertama, rasa kebangsaan merupakan rasa atau kesadaran yang tertanam secara alami dalam diri seseorang, dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Kedua, paham kebangsaan adalah suatu pemahaman akan arti rasa cinta negara dan kesetiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terakhir, semangat kebangsaan merupakan suatu jiwa yang membara dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat Kebangsaan juga bisa disebut nasionalisme dan nasionalisme itu sendiri merupakan rasa cinta terhadap tanah air ,jelas Kasdim 1206/PSB, Mayor Inf Agus Jaelani. (Pendim 1206/PSB).