Ketua PWI Jateng : Didalam UKW, Hukum Pers dan KEJ Menjadi Mata Uji Pertama

0

Semarang, EkspresNews.com – Teman-teman wartawan sebelum terjun di lapangan dalam menjalankan tugas jurnalistik perlu pemahaman dasar kewartawanan salah satunya tentang Hukum Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Realitas didalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) itu yang pertama kali diujikan adalah Hukum Pers dan Kode Etik Jurnalistik menjadi mata uji pertama.

Didalam praktik tidak selalu diwujudkan sebagai praktik ujian yang pertama karena memang rata rata peserta dan penguji itu menganggap mata uji ini membutuhkan waktu lama mengerjakannya karena untuk menjawab secara essay.

“Saya meminta kawan kawan siap nantinya saat mengikuti UKW. Sebagai seorang wartawan semestinya kita memahami dan menghayati tentang Hukum Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” ucap Amir Mahmud NS,Ketua PWI Jateng saat menyampaikan materi Hukum Pers dan Kode Etik Jurnalistik dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Wartawan di Gedung PWI Jateng, jalanTri Lomba Juang no 10 Semarang, Kamis ( 5/8/2021).

Dihadapan 15 Wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Lokal Jateng (FWLJ) Amir menjelaskan target dalam pengujian, wartawan memahami dan melaksanakan Hukum Pers dan KEJ serta aturan aturan khusus tentang pemberitaan.

Amir menambahkan terkait dengan praktik pemberitaan, akan selalu menghadapkan kita pada kemungkinan kemungkinan yang nantinya harus kita respon dengan kode etik jurnalistik. Didalam UKW ada unjuk kerja yang menunjukkan bahwa inilah materi yang harus dikerjakan atau kita jawab. Materi untuk dinilai oleh para penguji,” pungkasnya. (Taufiq)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.