Kasus Covid-19 Di Mentawai Melonjak, Desa Tuapeijat Masuk Zona Merah

0

Mentawai, EkspresNews.com – Melonjaknya kembali kasus Covid -19, satu desa di Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, saat ini masuk ke zona merah penyebaran Covid-19 karena adanya lonjakan kasus selama beberapa hari belakangan.

Desa tersebut yakni Desa Tuapeijat, diketahui satu warganya meninggal dunia di RSUD Mentawai Minggu, (11/4) lalu yang dinyatakan positif Covid-19 dan 13 orang warganya dinyatakan positif Covid-19.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake mengatakan, saat ini desa tersebut menjadi prioritas pengawasan dan pengamanan dari Satgas Covid-19 agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 ke masyarakat secara masif.

“75 persen tingkat penyebarannya ada di Desa Tuapeijat. Dan kita harus memperketat kembali pengawasan aktivitas masyarakat, termasuk akses keluar masuk Mentawai karena penyebarannya sudah ada di Tuapeijat ini” tuturnya saat dimintai keterangan Selasa, (20/4/2021).

Semenatara Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar menyebutkan, Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kepulauan Mentawai bakal dilaksanakan. Hal ini dilakukan guna menekan penularan virus Covid-19.

Ia menjelaskan PPKM akan diterapkan dengan pembatasan mobilitas masyarakat di daerah-daerah tertentu yang menjadi pusat penyebaran Covid-19.

“Jadi untuk menekan penyebaran Covid-19, PPKM akan diterapkan” ujarnya.

Proses pengetatan selama PPKM nantinya hampir sama seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ada waktu tertentu masyarakat dibatasi aktivitasnya di luar rumah.

Menurut data dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, total sampai hari ini terdapat 594 orang masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai terinfeksi Covid-19.

Total 594 orang yang telah dinyatakan konfirmasi terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan yakni isolasi di fasilitas kesehatan Mentawai 33 orang, isolasi RSUD mentawai 29 orang, isopasi RS Pratama siberut 1 orang, isolasi puskesmas sikakap 3 orang, isolasi mandiri pulau sipora 20 orang dan isolasi mandiri di padang sebanyak 7 orang.

Sehingga total terkonfirmasi 60 orang(10,1%), meninggal dunia 1 orang (0,2%) dan sembuh 533 orang (89,73%). (N)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.