Ka BPJS Rizka Adhiati : Realisasi Program Kesehatan di Solok Meningkat

1

P_20171027_102639

EkspresNews.com – Dengan bergulirnya program jaminan kesehatan Nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS), sangat berdampak baik terhadap pelayanan kesehatan masyarakat di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena program JKN-KIS tekah membuka akses besar kepada masyarakat, untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan.

Seiring berjalanya waktu, program JKN-KIS terus berkembang bergerak maju menuju cakupan semata. Maka sampai dengan saat ini, secara Nasional jumlah masyarakat yang telah mengikuti program JKN-KIS mencapai 180 juta jiwa, atau lebih dari 70% atau lebih dari proyeksi jumlah penduduk Indonesia di tahun 2017.




Demikian diungkapkan Rizka Adhiati, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok. Saat kegiatan Media Gathering Jumat, (27/10) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Solok. Hadir dalam acara itu, Kepala Kabupaten BPJS Solok Selatan, Kabupaten Solok, dan Kota Sawahlunto, serta media media cetak, elektronik dan media online.

Rizka Adhiati menuturkan, hingga Oktober 2017, pencapaian kinerja program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Cabang Solok. Mencakub Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Dhamasraya. Dari perjalanan waktu, terus mengalami perkembangan dan peningkatan, maka sampai Oktober 2017 ini jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Solok mencapai 716.097 jiwa.

Lebih lanjut disampaikan Rizka, pertumbuhan jumlah peserta JKN-KIS di Wilayah Cabang Solok. Sangat diiringi dengan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Solok sampai sekarang ini.

“Sampai Oktober 2017 ini, Kantor Cabang BPJS Solok telah bermitra dengan 121 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Yang terdiri atas 61 Puskesmas, 33 Dokter Praktik Perorangan, 13 Dokter gigi Perorangan, 6 Klinik Pratama, dan 8 Klinik TNI/Polri,” jelas Rizka.

Selanjutnya disampaikan Rizka Adhiati, sampai tahun 2017 ini, BPJS Kesehatan Cabang Solok juga telah bekerja sama dengan 28 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri dari 8 Rumah Sakit, 7 Apotek, serta 13 Optik.

Rizka bertekat, Guna meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Solok berkomitmen melakukan berbagai inovasi. Membina kerja sama hubungan yang baik dengan meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.




Agar pelayanan kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Solok secara berjadwal membuka stand pendaftaran di berbagai titik di Kota dan Kabupaten wilayah kerja. ” Hal itu kita lakukan bukan saja untuk mendaftar bagi peserta baru. Akan tetapi juga peserta yang sudah terdaftar dan ingin melakukan pembayaran iyuran juga bisa melalui stand tersebut,” papar Kepala BPJS Kes Cab. Solok Itu.

Kemudian kta Rizka, kedepan kuta dari BPJS Kesehatan Cabang Solok berkomitmen memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh peserta JKN-KIS yang ada di wilayah kerja BPJS Cabang Solkk. Dan juga akan melakukan berbagai upaya memberikan penyuluhan kepada masyarakat banyak, terhadap pentingnya program JKM-KIS tersebut. (Roni)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.