Jokowi Ungkap Penyebab Banjir Di Kabupaten Sintang

0

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya angkat bicara ihwal banjir yang melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam hal ini, Kepala Negara mengungkap penyebab wilayah tersebut bisa terendam banjir.

“Bencana banjir yang melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat beberapa hari lalu, disebabkan oleh kerusakan pada daerah tangkapan hujan, yang membuat Sungai Kapuas meluber,” kata Jokowi sebagaimana dikutip dari akun twitternya @jokowi, Selasa (16/11/2021) malam.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut, kerusakan pada daerah tangkapan hujan ini bukan kali pertama terjadi. Dia mengatakan, kerusakan ini sudah terjadi sejak berpuluh tahun yang lalu. “Selain itu, hujan memang lebih ekstrem dari biasanya,” ujarnya.

Jokowi menegaskan bahwa kerusakan ini harus dihentikan. Pemerintah berkomitmen untuk memperbaiki daerah tangkapan hujan tersebut. “Pemerintah akan membangun persemaian dan penghijauan di hulu dan di daerah tangkapan hujan. Sejak awal saya memerintahkan Menteri PUPR dan Menteri LHK untuk menyiapkan langkah-langkah mengatasi banjir di Sintang,” pungkasnya. (Red)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.