Jelang Pilkada Mentawai, Bimtek Pemutakhiran Data Digelar

0

EkspresNews.com – Sebanyak 35 orang peserta ikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) pemutakhiran data dan daftar pemilih untuk dua wilayah Kecamatan Sipora Utara dan Kecamatan Sipora Selatan. Kegiatan tersebut diselenggarakan KPUD Mentawai di Aula Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Senin, (5/9) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mentawai tahun 2017. Muhammad Arif, SH selaku Komisioner KPU bidang Divisi hukum mengatakan, daftar pemilih merupakan elemen penting dalam penyelenggaraan pemilihan umum dan juga pemilihan kepala daerah.

Ia menambahkan, tujuan kegiatan ini guna mengarahkan PPK, PPS maupun PPDP bagaimana cara teknis dalam melakukan pencocokan daftar pemilih disetiap TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 228 TPS. Supaya tidak terjadinya  pemilih ganda maupun masyarakat yang sudah berdomisili tetap, namun tidak terdaftar sebagai pemilih untuk pemilu mendatang yang akan direkap dan ditetapkan sebagai daftar pemilih sementara. “Seorang PPDP harus paham betul apa materi bimtek dan masalah yang mungkin mereka hadapi dilapangan. Jadi melalui bimtek ini bukan hanya sekedar teori namun simulasi yang akan dipraktekan di lapangan,” jelasnya.

Kegiatan ini juga diselenggarakan di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Ia juga berharap pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017 dapat berjalan aman dan damai.

(Nobel)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.