Inovasi Dan Digitalisasi : Keterbukaan Informasi Publik

Editors choice
0

Oleh : Prianka Putri

EKSPRESNEWS.COM – Keterbukaan akses terhadap informasi publik merupakan hak masyarakat yang harus dipenuhi sesuai amanat Undang-Undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Keterbukaan informasi publik bertujuan untuk mewujudkan negara Indonesia yang demokratis, baik dan bersih. Oleh karena itu, akses masyarakat terhadap informasi harus lebih dioptimalkan, diantara melalui transformasi dan digitalisasi informasi.

Khususnya dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, pelayanan informasi publik menuntut adanya inovasi, agar masyarakat dapat dilayani dengan baik. Seperti yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat yang telah memanfaatkan teknologi informasi untuk tetap memberikan layanan informasi pada masa pandemi Covid 19. Didukcapil Padang Pariaman berinovasi dengan mengeluarkan aplikasi Nagita (Nagari Go Digital).

Dimana menurut Kadis Dukcapil Padang Pariaman, Muhammad Fadly, dengan menggunakan aplikasi Nagita, masyarakat Padang Pariaman akan dipermudah dalam pengurusan dokumen, karena warga hanya perlu meng-upload berkas-berkas yang diperlukan dalam penerbitan dokumen kartu keluarga, akta-akta pencatatan sipil dan kartu identitas anak, serta kartu tanda penduduk hanya melalui aplikasi. Sehingga masyarakat tidak perlu datang di ke kantor dinas di masa pandemi seperti saat ini.

Inovasi pelayanan publik ini sudah diterapkan sejak Oktober 2019. Selain bisa mengakses segala informasi melalui website atau aplikasi Nagita. Pihak Disdukcapil Padang Pariaman pun menyediakan akses layanan call center online selama 24 jam baik itu melalui telepon atau pun whatsapp. Sehingga masyarakat dapat melacak sejauh mana berkas yang sudah diajukan.

Dengan digitalisasi dan inovasi dari pemerintah baik pemerintah pusat dan daerah, pemerintah tidak akan susah lagi dalam melakukan pendataan. Dengan demikian, kepentingan publik akan diperhatikan oleh Pemerintah. (***)

Penulis adalah Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas Padang

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.