Inilah Makanan Khas Desa Tamansari Penerima Program TMMD Reguler 111 Kodim Pati

0

PATI – Setiap daerah pasti memiliki ciri kas, khususnya kuliner yang sudah turun temurun dari pendahulu. Contohnya di Kabupaten Pati yang terkenal dengan nasi Gandulnya, nasi yang disajikan dengan daun pisang yang sudah termasyur seantero Indonesia.

Desa Tamansari kecamatan Jaken penerima program TMMD Reguler Kodim Pati juga memiliki makanan khas yang juga sudah terkenal sekabupaten Pati, karena merupakan wilayah satu-satunya di kabupaten Pati yang memiliki makanan khas seperti ini.

Makanan ini berasal dari pohon lontar yang diambil buahnya yang dikenal dengan buah siwalan. Bukan hanya buah, air nira yang disadap dari pohon yang banyak tumbuh diwilayah tersebut juga banyak diburu oleh penikmat kuliner dari luar daerah, minuman ini terkenal dengan nama legen.

“Bukan Cuma siwalan dengan legen saja pak, disini juga banyak yang membuat makanan lain yang dibungkus dengan daun lontar isinya dengan bahan tepung beras dan dikasih pemanis, ini namanya dumbek,”kata Suparmi (45) saat ditemui. Minggu,(06/06/2021).

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.