Ini Tahapan Tes Pengalihan Pegawai KPK Jadi ASN

0

Jakarta, EkspresNews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan bahwa persiapan tes pengalihan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi aparatur sipil negara (ASN) telah dilakukan sejak awal tahun, hingga akhirnya diumumkan hasilnya pada pekan lalu.

Di mana untuk proses pengalihan ini dilakukan dengan tes wawasan kebangsaan (TWK) sesuai amanat dari revisi UU KPK yang mengharuskan pegawai lembaga antirasuah menjadi ASN. Berikut tahapan-tahapan pengalihan pegawai KPK jadi ASN:

  1. Persiapan yang dilakukan sejak ditetapkannya Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi No.1/2021 pada tanggal 27 Februari 2021
  2. Pelaksanaan tes Indek Moderasi Bernegara (IMB-68) dan integritas dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 10 Maret 2021. Bagi yang berhalangan hadir dilakukan tes susulan pada tanggal 16 Maret 2021 (susulan I) dan 8 April 2021 (susulan II). Tes IMB dan Integritas ini dikoordinir oleh Tim dari DisPsiAD
  3. Tes wawancara dilaksanakan pada 18 Maret sampai dengan 9 April 2021
  4. Hasil pelaksanaan asesmen tes wawasan kebangsaan

Dari jumlah peserta yang diusulkan untuk mengikuti asesmen sejumlah 1.357 peserta yang hadir 1.349 peserta, dan yang tidak hadir 8 peserta. Rincian 8 peserta yang tidak hadir antara lain 3 peserta sedang tugas belajar di luar negeri, 1 peserta telah pensiun, 2 peserta mengundurkan diri, 1 peserta diberhentikan sebagai pegawai KPK, dan 1 peserta tanpa keterangan.

Dari hasil asesmen Tes Wawasan Kebangsaan yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sejumlah 1.274 peserta, dan yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sejumlah 75 peserta.

  1. Penyerahan hasil, telah diserahkan langsung oleh Kepala BKN kepada Sekjen KPK pada tanggal 27 April 2021 di Kantor Kementerian PANRB yang antara lain disaksikan oleh Menteri PANRB, Ketua KPK dan Para Wakil Ketua serta Dewas KPK, Ketua KASN, dan para JPT Madya dari KemenPANRB, BKN, LAN dan ANRI.

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.