Ini Penyebab Rio Haryanto Gagal Finis

0

EkspresNews.com – Gagal finis di Silverstone GP Inggris Minggu (10/7). pebalap Indonesia dari tim Manor Racing, Rio Haryanto, mengungkapkan penyebabnya. Bersama rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, sama-sama gagal menuntaskan balapan lantaran tak dapat mengendalikan kemudi di tikungan satu (Abbey). Wehrlein terlempar keluar lebih dulu ketika safety car baru saja ditarik keluar di putaran keenam, sementara Rio gugur di putaran ke-27.

“Sebelum insiden itu terjadi, saya sempat mengubah setelan gardan (differential) dan mungkin itulah salah satu faktor yang membuat mobil melintir. Tikungan Abbey pun pada saat itu merupakan bagian yang paling basah,” kata Rio beralasan.

Lebih lanjut, Rio berpendapat pada mulanya lintasan sirkut sangat basah ketika balapan hendak dimulai. Akan tetapi, kemudian hujan berhenti dan lintasan sedikit demi sedikit mengering. Namun Rio sempat melewati bagian trek yang masih tergenang ketika memasuki tikungan satu. Beberapa pebalap lainnya juga mengalami kesulitan yang sama, tapi hanya duo Manor yang gagal menyelesaikan balapan.

“Dalam jarak hanya 17 putaran, dari ban basah kami berpindah ke ban kering. Itu adalah keputusan yang tepat saat itu. Saya hanya menyentuh sedikit bagian trek yang masih basah dan tidak ada yang bisa saya lakukan,” ujar pebalap asal Surakarta itu.

(Hua/Reuters)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.

Tinggalkan Komentar Anda