Ini Daftar Kementerian Paling Banyak Belanja di Awal 2021

0

EkspresNews.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi belanja kementerian atau lembaga (K/L) pada Januari 2021 tercatat Rp48 triliun atau tumbuh 55,6%. Besaran tersebut dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp30,9 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyanii mengatakan belanja Kementerian/Lembaga (K/L) tumbuh 55,6%, didorong peningkatan belanja modal dan bansos yang signifikan. Realisasi belanja modal per Januari 2021 mencapai Rp11,9 triliun, tumbuh 539,4% (yoy), utamanya berasal dari belanja modal untuk proyek infrastruktur seperti pembangunan jalan, irigasi, dan jaringan KemenPUPR serta belanja modal peralatan dan mesin untuk Polri.

“Selain itu, belanja bansos tumbuh 51,4% dari penyaluran bansos tunai dan percepatan pencairan kartu sembako bulan Februari di Januari,” kata Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (23/2/2021).

Saat ini, Kementerian PUPR realisasi belanjanya Rp 9,3 triliun atau tumbuh 404,3%. Hal ini karena adanya penyelesaian MYC Sumber Daya Air. Selanjutnya Polri tercatat Rp 5,6 triliun dan Kementerian Pertahanan Rp 3,4 triliun.

Sedangkan untuk belanja Kementerian Kesehatan tercatat Rp4,2 triliun. Kemendikbud Rp800 miliar, Kementerian Agama Rp1,3 triliun, Kementerian Perhubungan Rp 1 triliun, Kementerian Keuangan Rp2,7 triliun, dan Kementerian Pertanian Rp200 miliar. (Red)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.