Inflasi Rendah, UMKM Didorong Optimalkan Digitalisasi

0

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Mendukung peningkatan peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pangan dapat dilakukan dengan memanfaatkan digitalisasi yang berkembang pesat dimasa pandemi Covid-19 sekarang.

Demikian diutarakan Presiden RI, Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021, secara virtual, Rabu (25/8). Dari Pemko, kegiatan ini diikuti Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si didampingi Kepala Bagian Perekonomian Setdako, Putra Dewangga, S.S, M.Si.

“Digitalisasi yang berkembang pesat dimasa pandemi, mulai diaplikasikan para pelaku usaha UMKM pangan. Tidak hanya untuk mendekatkan akses petani kepada konsumen di sisi hilir dengan transaksi pembayaran yang lebih efisien, melainkan juga meningkatkan produktivitas di sisi hulu untuk pemenuhan kebutuhan pangan nasional,” sebut Jokowi.

Kuarta kedua tahun 2021, terangnya, Indonesia mampu dengan tingkat inflasi yang terkendali sebesar 1,52%. Angka inflasi ini jauh di bawah target inflasi tahun 2021 yaitu 3%. “Dengan rendahnya angka inflasi tahun 2021, bisa saja ini mengindikasikan turunnya daya beli masyarakat akibat pembatasan aktivitas dan mobilitas,” tuturnya.

Jokowi juga mengatakan, dimasa pandemi ini, kesempatan untuk mendorong UMKM melalui digital, mau tidak mau cara pemasaran lama akan tergantikan dengan cara pemasaran terbaru. “Banyak UMKM pangan yang bisa dimasukkan ke platform digital. Manfaatkan semua e-Commerce yang ada, platform yang ada di daerah-daerah, start up yang ada di daerah maupun nasional,” imbaunya. (Dian)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.