Indonesia Health Tourism Dorong RS Tingkatkan Kualitas Pelayanan Medis

0

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Indonesia Health Tourism yang diselenggarakan Aladin Travel dan Assosiasi Wisata Medis Indonesia bukan hanya berfokus pada stimulus ekonomi sektor pariwisata dan kesehatan. Acara ini juga sebagai upaya meningkatkan kompetisi dokter dan rumah sakit di seluruh Indonesia. Ya, acara Indonesia Health Tourism (IHT) akan mendorong para dokter dan rumah sakit meningkatkan layanan medis mereka. Dengan begitu, kualitas layanan kesehatan Indonesia semakin baik ke depannya.

“Kami yakin, melalui IHT yang diselenggarakan tahun depan dapat mendorong dan meningkatkan kemampuan di bidang pelayanan kesehatan karena potensi Indonesia sangatlah besar di masa depan,” papar Direktur PT Trimegah Wisata Medis Indonesia (TWI) Dr. dr. Taufik Jamaan, SpOG, dalam acara ‘Care Your Heart, Love Your Family’, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/12/2021).

Karena itu, sambungnya, diharapkan sekali peran pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menyukseskan IHT ini. Kementerian Kesehatan, kata dr Taufik, diharapkan mendorong organisasi atau asosiasi profesi untuk meningkatkan kemampuan di bidang pelayanan medis. “Untuk Kemenparekraf, kami sangat berharap ikut mendorong dan membantu mengembangkan bidang wisata medis ini,” tambah dr Taufik.

Karena melibatkan sektor pariwisata, itu kenapa peran pemerintah daerah juga diharapkan dapat terlibat di sini. “Kami meminta dukungan juga pada pemerintah daerah untuk menyukseskan IHT ini supaya wisata medis Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri,” sambung Corporate Sales Director Aladin Travel Joneka Kandou di acara yang sama.

Indonesia Health Tourism mengambil tema ‘Think Globally, Act Locally’ yang mana kata dr Taufik dimaknai dengan sektor wisata kesehatan akan memfokuskan pada peningkatan layanan medis di seluruh Indonesia demi memberikan pelayanan berkualitas ke pasien Indonesia, bukan luar negeri. “Kami tidak akan menarik pasar Amerika Serikat, tapi bagaimana kami bisa memberikan pelayaban berkualitas untuk pasien-pasien di Indonesia,” kata dr Taufik.

“IHT adalah ruang bagi para dokter untuk dipromosikan secara masif kepada masyarakat, pun bagi rumah sakit dengan keunggulannya tersendiri untuk lebih dikenal publik,” tambahnya. (Red/Hel)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.