Ikuti Lomba Kelurahan Berprestasi, Ganting Dibina Dinkes

0

PADANG PANJANG – Mempersiapkan lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi tahun 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) mengadakan pembinaan di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur yang terpilih menjadi wakil Kota Padang Panjang mengikuti lomba tersebut.

“Menjadi kelurahan terbaik perlu dilakukan berbagai pembenahan dan pembinaan dari semua aspek, terutama pada aspek kesehatan,” sebut Sekretaris Dinkes, dr. Faizah saat membuka kegiatan pembinaan itu, Senin (14/6) di Aula Kantor Lurah Ganting.

Dokter Faizah juga mengatakan, terlaksana dan berhasilnya persiapan bidang kesehatan perlu dukungan bersama, dan memerlukan kerja sama dari semua pihak terkait. Baik Dinkes, puskesmas, bidan kelurahan, kader kesehatan serta dorongan dari masyarakat untuk bersama-sama melakukan dan melaksanakan pembinaan.

“Jadi, apa saja yang dinilai dalam bidang kesehatan harus dipersiapkan mulai saat ini. Baik untuk lomba atau tidaknya. Kemudian dalam pandemi Covid-19, diminta kepada masyarakat untuk lebih maksimal dalam melengkapi falsiitas untuk rumah isolasi Covid-19. Karena inovasi kelurahan diminta potensi dan swadaya dari masyarakat. Semoga melalui pembinaan ini, kita semua saling mendukung, sehingga Ganting terpilih sebagai kelurahan berprestasi tingkat provinsi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Ratna Nila Sari, SKM mengatakan, diperlukannya tambahan data untuk bidang kesehatan yaitu, jumlah ibu hamil, ibu balita, jumlah bayi dan balita, dan jumlah sasaran setiap posyandu yang merupakan data dasar kesehatan di kelurahan.

Dalam penilaian kesehatan, katanya lagi, penilaian ini juga tidak terlepas dari Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang diharapkan semua rumah tangga sudah memiliki toga yang dapat dimanfaatkan keluarga dan masyarakat, serta memanfaatkan lingkungan rumah yang ada. Selain meningkatkan kesehatan keluarga juga bisa menambah pemasukan keluarga.

Untuk kelengkapan data, diminta juga kepada kader gizi untuk menampilkan semua inovasinya di pos gizi dalam bentuk kegiatan dan dilengkapi dokumentasinya.

“Kita juga berharap upaya yang kita laksanakan saat ini, merupakan jawaban yang kita tawarkan untuk pemecahan masalah kesehatan di wilayah kerja Kelurahan Ganting,” tuturnya.

Kegiatan pembinaan ini juga dihadiri, Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Elma Nelvia, Kepala Seksi Pemberdayaan Kelurahan Ganting, Yetty Hayani, Bidan Kelurahan, Adrianti, A.Md.Keb, dan staf terkait. (Rika)