Hernawan Tri Handoyo : Anggota LAN Jangan Sungkan Laporkan Jika Ada Yang Terlibat Narkoba

0

Semarang, EkspresNews.com – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Anti Narkotika (DPC LAN) Kota Semarang menggelar acara Silaturahmi dan Halal Bi Halal dengan tagline ” Bergerak Bersama LAN Memerangi Narkoba di Kota Semarang ” yang bertempat di Lesehan & Pemancingan Baron jalan Puri Anjasmoro Blok N1, Tawangsari, Kec. Tambakharjo Kota Semarang, jumat ( 4/6/2021).

Acara dihadiri 100 anggota dan Pengurus LAN Kota Semarang serta dimeriahkan dengan penampilan Line Dance yang tergabung di Han’s Studio dibawah asuhan Henny Setyowati yang sekaligus merupakan anggota LAN juga.

Ketua DPC LAN Kota Semarang Hernawan Tri Handoyo dalam sambutannya mengatakan tujuan kami mengadakan halal bi halal untuk merekatkan tali silatirahmi antara anggota LAN.

LAN terbentuk mulai januari 2020, selama pandemi program program yang akan kita jalankan yang kecil kecil dulu karena kita masih menghindari kerumunan.
Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya mulai bergerak karena pandemi sudah mulai berkurang. Program program yang berkaitan dengan narkotika akan kita galakkan kembali, Ucapnya.

Perkembangan pemakaian narkoba sekarang sudah luar biasa karena sudah melanda disemua kalangan. Dalam penyalahgunaan narkoba, 85 persen pengguna narkoba tidak hanya kalangan menengah – atas saja , tapi sekarang sudah merambah di kalangan bawah.

Jenis narkotika yang beredar di masyarakat ada enam yaitu heroin,ganja,ekstasy, etamin, sabu serta inhalem,” paparnya.

Dari data statistik, angka kematian diIndonesia rangking pertama yaitu covid 19 kedua kecelakaan lalu lintas dan yang ketiga adalah narkotika,” tandas Handoyo.

LAN akan bergerak dan mengambil sikap preventif dikarenakan sekarang sudah masuk pada darurat narkoba. Masyarakat memiliki perilaku menyimpang berupa tindakan pada seseorang atau kelompok orang yang bertentangan dengan norma dan hukum yang ada di dalam masyarakat.

Perilaku menyimpang lanjutnya, jika dibiarkan terus menerus akan berkembang menjadi berbagai penyakit sosial seperti narkoba ,minuman keras, kriminalitas, kira kira demikian yang terjadi pada para remaja, pemuda pemudi, yang tidak ada lagi etika sopan terhadap sesama,” ujar Handoyo.

” Kita dari LAN akan melakukan tindakan preventif membantu mencegah supaya generasi muda khususnya di kota Semarang tidak terjerumus dalam dunia narkotika.

Terkait program kami dalam waktu dekat akan menggelar pemilihan Duta Anti Narkotika Kota Semarang tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.Kita juga sudah MoU dengan Universitas Darul Islam (Undaris ) Ungaran, kedepannya lagi kami melakukan kerja sama dwngan Polrestabes Semarang,” tegasnya.

Handoyo berharap anggota LAN membantu program pemerintah mencegah serta memotong sumbu sumbu peredaran narkotika di Kota Semarang, dirinya mengklaim bahwa anggotanya di Kota Semarang sejumlah 400 lebih.

” Anggota LAN jangan sungkan sungkan melaporkan ke kami apabila ada yang terlibat baik pemakaian maupun peredaran narkoba. Kami tidak takut meskipun diback up dari instansi atau pihak manapun.

Kami akan selalu mengawasi peredaran narkotika entah itu di diskotik, cafe, tempat kost kostan atau dimanapun apabila ada pelanggaran yang dilakukan siapapun, kami akan memberangus dan membawanya ke ranah hukum,” pungkas Handoyo.

Turut hadir dalam acara Halal bi halal Wakasatnarkoba Polrestabes Semarang, Eko Susanto, S.Sos, Ketua Srikandi Lindu Aji Jawa Tengah, Martha, serta Ketua Harian Lindu Aji Kota Semarang, Henny Setyowati, Rektor Undaris Ungaran, Dr. Drs. Hono Sejati, SH.M.Hum, serta undangan lainnya.

( Taufiq )

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.