Hebat, Ibu-ibu Warga Desa Tamansari Mahir Menggunakan Alat Cangkul

Pati – Ditengah kesibukannya dalam pengerjaan penyelesaian sasaran fisik TMMD, Serda Sukarji anggota Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0718/Pati di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, membantu Ibu-ibu yang sedang bekerja menggemburkan tanah dan membersikan rumput disekitar tanaman cabai (mendangir), Selasa (06/7/2021).

Kegiatan ini dilakukan TNI Satgas TMMD Reguler Kodim Pati sebagai wujud kepedulian terhadap warga masyarakat dengan kesulitan yang sedang mereka alami. Seperti kali ini Sukarji sedang membantu ibu-ibu yang sedang bekerja dilahan kebun cabai milik Bapak Sukardi warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken.

Serda Sukarji mengatakan, sudah menjadi pemandangan biasa dan lumrah di wilayah Desa Tamansari, ibu-ibu trampil dan lihai menggunakan alat cangkul. Mereka adalah buruh harian yang biasa bekerja dilahan perkebunan ataupun sawah milik warga yang membutuhkan tenaganya. Hal ini terpaksa mereka lakukan untuk menambah uang belanja setiap harinya.

Sementara Suparti (51) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, salah satu pekerja mengatakan, mereka bekerja dengan sistem kelompok. Jadi seperti organisasi kecil yang bekerja kepada orang yang membutuhkan tenaga mereka. Masalah upah bisanya dibagi rata.

“Alhamdulillah pak kalau musim tanam cabai kami tidak pernah istirahat. Tentunya penghasilan dari upah bekerja juga lumayan besar. Apalagi ini dibantu TNI Satgas TMMD, kerja kami sedikit ringan. Kami semua mengucapkan terimakasih kepada bapak Sukarji yang telah membantu pekerjaan ini. Semoga amal kebaikan bapak mendapatkan balasan dari Allah SWT dan selama melakukan tugas di Desa Tamansari selalu diberi kesehatan, keselamatan dan kesuksesan,” ujar Suparti. (0718)