(Harus) Optimis Menyambut 2021

0

EkspresNews.com – Tahun 2020 berakhir. Kita akan segera memasuki tahun 2021. Dengan kenyataan pasrah, pandemi mengubah pola kehidupan, menimbulkan tekanan namun membawa harapan. Ucapan selamat tahun baru disertai sejuta harap menjadi lebih bermakna saat pandemi. Kita sungguh berharap pandemi berakhir.

Pandemi ini tantangan luar biasa bagi masyarakat Indonesia. Rasanya semua aspek kehidupan menjadi lumpuh, ibadah dibatasi, kegiatan luar juga demikian. Bahkan ekonomi negara inipun menjadi imbas dari virus itu. Bank dunia memperkirakan ekonomi tumbuh minus 2,2 persen. Apa nak dikata?

Masa depan 2021 menyadarkan kita agar berinvestasi pada orang. Maksudnya pendidikan. Apalagi investasi terhadap kesehatan. Karena dua sendi ini menjadi titik balik perlawanan terhadap pandemi. Apalagi sebagian orang sudah menyatakan bahwa pandemi covid hanya konspirasi semata.

Sehingga tantangan dunia pendidikan semakin jelas. Jika saja 2021 sekolah tatap muka tidak jadi. Adalah tanggung jawab sekolah memberikan pengetahuan (lagi) secara daring/online. Lalu tugas orangtua memberikan ilmu budi pekerti tata krama di rumah. Sedangkan layanan kesehatan tetap berjalan seiring protokol kesehatan covid.

Zaman baru tentu (harusnya) melahirkan peluang baru. Teknologi berkembang tanpa batas. Ini peluang. Bermunculan wirausaha muda dengan karakter teknologi siap saing. Menciptakan lapangan kerja tipe baru disaat pandemi orang-orang kehilangan pekerjaan. Apalagi ada UU Cipta Kerja yang digadang-gadang dapat menciptakan lapangan kerja seperti tujuannya.

Jangan sampai kita di 2021 hanya menunggu investasi asing. UU yang dikatakan cilaka oleh para pendemonya saat itu harus dapat melahirkan investasi dalam negeri secara mandiri. Namun sayangnya, akhir 2020 kita dihadapkan masih ada pejabat korup. Menepikan nasib rakyat jelata dengan memakan jatah bantuan sosial.

Optimis 2021 perlu. Yakin 2021 juga perlu. Walau keadaan ekonomi seakan tidak berubah banyak. Memang tidak ada yang instan untuk merubah keadaan. Tidak seperti membalikkan telapak tangan. Hanya Allah Yang Maha Kuasa pemilik alam semesta ini yang bisa. Untuk itu, optimis juga lah untuk terus beribadah dan menjalankan semua perintahNya. (Abdi Masa)

Comments

comments

About author