Hansastri Resmi Dilantik Sebagai Sekdaprov Sumbar

0

Padang, EkspresNews.com – Hansastri putra Pasaman Barat ini resmi dilantik oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar, Kamis (12/8/2021). “Saya Gubernur Sumbar Mahyeldi melantik saudara menjadi Sekretaris Daerah Sumatera Barat,” ungkap Mahyeldi, Kamis (12/8/2021).

Setelah melantik Gubernur juga mengambil sumpah untuk Hansastri. Mahyeldi membacakan sumpah dan diikuti oleh Hansastri. Sebelumnya Hansastri merupakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar. Diangkat oleh Gubernur Irwan Prayitno pada 27 Desember 2016. Saat itu Hansastri menggantikan Afriadi Laudin yang meninggal dunia pada 9 Agustus 2016.

Ada tiga nama yang diajukan gubernur kepada presiden melalui Mendagri, yakni Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi Usama Putra dan Staf Ahli Wali Kota Padang Andri Yulika, dan Hansastri Kepala Bappeda Sumbar. Dari tiga nama itu, Hansastri memperoleh nilai tertinggi dari dua nama lainnya.

Awalnya Hansastri adalah ASN pada BPKP Sumbar. Pada 2012, Gubernur Irwan Prayitno kemudian menariknya jadi staf ahli gubernur bidang ekonomi dan keuangan yang kosong setelah pejabat lama Zainuddin menjadi kepala dinas pendapatan daerah.

Sebelumnya Hansastri pernah ikut seleksi untuk mendapatkan kursi Sekdaprov Sumbar pada 2018 jelang Sekdaprov Sumbar Ali Asmar pensiun. Bahkan masuk lima besar, tapi gagal masuk tiga besar. Dalam pelantikan ini turut dihadiri oleh Ketua panitia seleksi, Hamdani, rektor Unand, Yuliandri dan Sekda terdahulu seperti Alwis. (Abdi)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.